MILZERU – Hai gengs! Selamat ya, bagi kalian yang baru saja lulus sekolah. Nah sekarang, kalian dihadapkan pada pilihan yang akan menentukan kehidupan kalian di masa yang akan datang, yaitu pemilihan jurusan kuliah.

Mungkin bagi beberapa orang, ini terdengar permasalahan kecil atau sepele. Tapi jangan salah gengs, salah memilih jurusan kuliah dapat menghambat keberhasilan kalian di masa mendatang.

Ada banyak hal yang harus kalian pertimbangan secara matang agar tidak salah memilih jurusan kuliah. Dengan memilih jurusan kuliah yang tepat, maka kuliah kalian pun akan menjadi lebih menyenangkan dan tidak menjadi beban, bahkan bisa membuat kalian lebih berkembang dan mengantarkan pada prestasi yang memuaskan.
Berikut ini beberapa hal yang perlu dihindari agar kalian tidak salah memilih jurusan kuliah:

1. Terlalu cepat mengambil keputusan

Hindari Ini Agar Kalian Tidak Salah Memilih Jurusan Kuliah

Foto: careerdevelopmentcentre,com.au
Kalian sudah mulai memiliki ketertarikan atau minat terhadap pelajaran tertentu saat masih sekolah. Misalnya kalian sangat tertarik dengan pelajaran matematika dibandingkan dengan mata pelajaran yang lainnya. Jangan terburu-buru untuk menentukan secara langsung jurusan matematika sebagai jurusan kuliah kalian berdasarkan minat kalian ini.
Cobalah untuk mencari informasi lebih mendalam tentang jurusan kulian yang didominasi oleh mata pelajaran matematika. Seperti, statistik, teknik informatika, dan lainnya.
Kalian harus bisa menemukan jurusan mana yang paling sesuai dengan minatmu? Selain itu, kalian juga harus memperhatikan kurikulum atau konten kuliah yang diajarkan, prospek karier ke depannya, dan beberapa hal lainnya.

2. Kurang mengenali potensi yang kita miliki

Hindari Ini Agar Kalian Tidak Salah Memilih Jurusan Kuliah

Foto: imeshighereducation.com
Salah satu cara untuk menemukan jurusan yang tepat adalah dengan mengenali potensi diri sendiri. Karena itu, jangan sampai kalian kurang mengenali potensi tersebut. Cobalah membuat daftar potensi yang ada pada diri kalian, seperti kemampuan akademis yang menonjol di suatu mata pelajaran atau keahlian di bidang tertentu.
Kalian bisa mengenali potensi yang kalian punya melalui refleksi diri. Tapi kalau hal tersebut dirasa sulit dilakukan, kalian juga bisa bertanya kepada orang lain yang kalian percaya, misalnya orang tua, guru, atau sahabat. Kalian bisa bertanya kelebihan apa yang sebenarnya paling menonjol dari diri kalian.
Kalau perlu, kalian bisa berkonsultasi ke psikolog atau lembaga karier untuk mengikuti tes minat dan bakat. Dari situ, kalian bisa mengetahui bakat apa yang sebenarnya kalian miliki dan jurusan kuliah apa saja yang cocok dengan bakat tersebut.

3. Ikut-ikutan teman

Hindari Ini Agar Kalian Tidak Salah Memilih Jurusan Kuliah

Foto: signupgenius.com
Ikut-ikutan teman sangat gak disarankan buat kalian yang sedang memilih jurusan kuliah. Karena kalian sendiri yang akan menjalani kuliah nantinya, maka pilihan jurusanmu harus berdasarkan keinginan pribadi dan bukannya mengikuti jejak orang lain.
Biasanya, motivasi di balik ikut-ikutan teman hanya karena gengsi atau sekadar ikutan tren. Jangan sampai kalian memilih jurusan favorit yang banyak dipilih teman, namun jurusan tersebut gak sesuai minat dan bakatmu. Sebelum terlambat dan menyesal, yuk hindari hal tersebut.

4. Malas dan malu bertanya

Hindari Ini Agar Kalian Tidak Salah Memilih Jurusan Kuliah

Foto:freepik.com
Meski keberadaan internet sudah sangat membantu kita dalam menemukan informasi terkait jurusan kuliah, jangan malas atau malu untuk bertanya pada orang yang tepat. Kalian bisa bertanya kepada orang yang dianggap lebih mengerti, misalnya orang tua, guru BK di sekolah, atau bahkan mahasiswa yang sudah menjalani kuliah di jurusan yang kalian inginkan.
Kalau perlu, kalian juga bisa datang ke lembaga psikologi atau bimbingan karier. Tapi, pastikan bahwa informasi yang kalian dapatkan akurat supaya gak bikin kalian tersesat.

5. Asal pilih jurusan sesuai keinginan orangtua

Hindari Ini Agar Kalian Tidak Salah Memilih Jurusan Kuliah

Foto: usatoday.com
Dalam proses pemilihan jurusan kuliah, orang tua kita mungkin juga akan ikut andil. Namun setiap orang tua tentu memiliki karakter berbeda dalam menyikapi hal tersebut. Ada yang tipikal mengarahkan, cuek, bahkan ada juga yang 'memaksa' untuk memilih jurusan tertentu.
Alasan orangtua 'memaksa' anaknya memilih jurusan tertentu pun beragam, mulai dari prospek karier yang cerah hingga jurusan tersebut sama dengan yang mereka ambil selama kuliah dulu. Niat orangtua tentu baik, tapi kita gak harus menuruti hal tersebut karena kalian sendiri yang akan menjalaninya nanti.
Sebaiknya, pikirkan matang-matang, dengarkan kata hati, dan sesuaikan dengan minat dan bakatmu. Setelah mendapatkan keputusan, bicarakan baik-baik dengan orangtuamu.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang sebaiknya dihindari supaya kalian tidak salah memilih jurusan kuliah. Jangan sampai kalian korbankan masa depan hanya karena mengabaikan beberapa hal tadi ya. 
Tetap semangat ya gengs!