MILZERU – Lelang gitar Kurt Cobain, anggota grup band Nirvana, pecahkan rekor dunia. Gitarnya laku terjual 6 juta dollar AS atau setara Rp84,5 miliar.

Gitar Kurt Cobain, laku terjual 6 juta dollar AS atau setara Rp84,5 miliar di Balai Lelang Juliens, Amerika Serikat, akhir pekan kemarin.

Awalnya, harga pembukaan lelang untuk gitar itu sebesar 1 juta dollar AS. Namun angkanya meningkat cepat hingga akhirnya mencapai 6 juta dollar AS.

Pemenang lelang adalah pengusaha Australia, Peter Freedman, yang merupakan pemilik Rode Microphones.

Gitar bermerek Martin D-18E buatan tahun 1959 ini begitu legendaris karena pernah dimainkan Cobain dalam penampilan akustik di MTV Unplugged pada 1993.

Gitar ini juga pernah dimainkan Cobain saat manggung di New York, lima bulan sebelum ia bunuh diri di usia 27 tahun pada 1994.

Pecahkan Rekor Dunia, Lelang Gitar Kurt Cobain Laku Rp84,5 Miliar

Foto: justiceforkurt.com

Sementara Kepala Eksekutif Balai Lelang Juliens, Darren Julian mengatakan, gitar itu telah mendapat tempat yang layak dalam sejarah sebagai instrumen yang dimainkan oleh salah satu musisi rock paling berpengaruh dan ikon salah satu pertunjukan live paling berkesan sepanjang masa.

Lelang gitar Cobain telah memecahkan rekor gitar termahal dunia. Sebelumnya rekor gitar termahal ditorehkan oleh gitar David Gilmour, musisi Pink Floyd pada Juni 2019 lalu.

Saat itu Gitar Fender Stratocaster-nya laku dilelang dengan harga 3,9 juta dollar AS atau setara Rp55 miliar.

Sumber: antvklik.com