MILZERU –  Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata “lemak”? Hampir semua memikirkan tentang sesuatu yang tidak baik. Namun, terlepas dari beberapa hal yang tidak baik, lemak sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, yakni menyimpan cadangan energi, membantu penyerapan vitamin, menjaga suhu tubuh, dan melindungi organ tubuh.

Banyak orang menghindari konsumsi lemak karena dapat memicu kenaikan berat badan. Berbagai riset juga menyebutkan bahwa berat badan berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, osteoarthritis, dan kanker.

Lemak memang memiliki dampak negatif terhadap kesehatan. Namun, tubuh sebenarnya juga membutuhkan asupan lemak agar dapat berfungsi optimal. Berikut manfaat lemak untuk kesehatan tubuh:

Sebagai cadangan energi

Lemak berperan penting untuk menyimpan energi. Menurut pakar kinesiologis dari University of New Hampshir, Dain LaRoche, mereka yang telah berusia lanjut sangat membutuhkan cadangan energi karena rentan mengalami penurunan berat badan. Cadangan lemak juga sangat membantu pasien kanker karena mereka sangat rentan mengalami penurunan berat badan yang membuat tubuh semakin melemah.

Membantu penyerapan vitamin

Beberapa jenis lemak tertentu, yaitu vitamin A,E,D dan K, membutuhkan lemak agar bisa diserap oleh tubuh. Jika asupan lemak dihentikan, menurut LaRoche, tubuh akan kekurangan vitamin tersebut.

Selain itu, menghentikan asupan lemak juga bisa meningkatakn risiko kekurangan nutrisi yang berperan dalam mengurangi perandangan, pembekuan darah, menjaga kulit tetap sehat dan memperkuat tulang.

Menjaga suhu tubuh

Lemak adalah isolator yang dapat membantu tubuh tetap hangat saat cuaca dingin. Ketika kita terpapar cuaca dingin yang ekstrem, lemak dapat menghambat hilangnya panas tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan indeks massa tubuh yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena hipotermia.

Melindungi organ tubuh

Lemak yang ada di tubuh juga bisa berfungsi sebagai bantalan pelindung organ-organ penting. LaRoche menyebut bahwa lemak memberikan lapisan perlindungan seperti penghalang trauma fisik. Ketika kita mengalami benturan atau terjatuh, lemak bisa berfungsi sebagi pelindung organ tubuh agar tidak mengalami kerusakan dan trauma.