MILZERU – Seperti yang kita ketahui, Indonesia dalam waktu dekat akan menghadapi era new normal. Dalam era new normal, kehidupan sudah mulai berangsur kembali ke arah normal namun tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah meluasnya wabah COVID-19.

Untuk menghadapi era ini, masyarakat diimbau untuk menjalankan pola hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan. Untuk menunjang hal tersebut, kalian jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa perangkat penting dalam menghadapi new normal, atau dikenal dengan nama new normal starter pack. Yuk simak starter pack dalam menghadapi era new normal di bawah ini gengs.

Baca juga: Siap-Siap New Normal

1. Masker

Pemerintah Indonesia menganjurkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker selama mereka berada di luar rumah. Masker sangat penting digunakan terutama saat kalian akan kembali menjalankan aktivitas di era new normal ini. Alangkah baiknya jika kalian mempersiapkan 2-3 lembar masker atau menggunakan masker kain dan tidak digunakan lebih dari 4 jam. Jangan lupa untuk membawa tempat menyimpan masker yang dapat digunakan ketika masker sudah kotor dan tidak dapat dipakai kembali.

Baca juga: Hindari Iritasi Saat Pakai Masker Dengan 5 Hal Ini

2. Hand sanitizer

Selain karena praktis, hand sanitizer sangat dibutuhkan sebagai alternatif lain ketika ingin membersihkan tangan selain menggunakan air dan sabun. Namun, penggunaan hand sanitizer tidak dianjurkan untuk digunakan setiap saat, kalian dapat menggunakannya setelah bersin atau melakukan kontak dengan orang lain. Setelah menggunakan hand sanitizer pastikan untuk tidak menyentuh wajah ya!

Baca juga: Ini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Di Rumah

3. Alat makan pribadi

Alat makan pribadi diperlukan untuk menghindari penggunaan alat makan secara bergantian. Alat makan pribadi yang dapat kalian bawa seperti tempat makan, sendok, dan garpu. Untuk mengantisipasi kalian menggunakan gelas umum setelah makan, bawalah tempat minum pribadi dan sedotan. Dengan membawa alat makan pribadi kita dapat memastikan kebersihannya agar tidak tertular dari virus yang dibawa oleh orang lain. 

4. Multivitamin

Vitamin sangat diperlukan karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh, terutama pada saat merebaknya pandemik COVID-19. Selain itu, vitamin dapat membuat kita memiliki nutrisi yang cukup. Mengonsumsi vitamin harus sesuai dengan arahan dokter agar jumlah vitamin yang kalian konsumsi sesuai dengan takaran. Saat memulai aktivitas di era new normal, jangan lupa membawa vitamin di dalam tas ya!

5. Membawa Face Shield

Selain masker, penggunaan face shield juga disarankan untuk dapat kalian gunakan selama berada di luar rumah. Penggunaan face shield dipercaya dapat menambah perlindungan kalian dari paparan virus sampai 96%, saat digunakan dalam jarak setengah meter dari orang yang batuk. Seperti dilansir dari New York Times (24/5/2020), face shield dianggap bisa memberikan proteksi area mata, hidung, sekaligus mulut.

Baca juga: Ternyata Gampang! Ini Cara Membuat Face Shield Sendiri di Rumah

6. Helm pribadi
Membawa helm pribadi sangat dianjurkan, terutama pada saat menggunakan layanan ojek online. Helm yang kalian gunakan kemungkinan besar sudah digunakan oleh orang lain. Oleh karena itu dengan menggunakan helm pribadi, kita dapat mencegah agar terhindar dari penularan virus dan dapat memastikan helm yang kita pakai tidak digunakan secara bergantian.

7. Tisu basah dan kering
Tisu dapat digunakan sebagai cara lain jika kalian tidak membawa sabun atau hand sanitizer. Gunakan tisu basah dan kering untuk membersihkan tangan secara efektif dan terhindar dari virus.

8. Alat Ibadah Pribadi
Seiring telah dibukanya beberapa tempat ibadah, termasuk yang berada didalam mal, kalian jangan lupa untuk membawa alat ibadah sendiri ya. Selain untuk menjaga dari tertularnya virus corona melalui alat ibadah, beberapa tempat ibadah sudah tidak menyediakan karpet atau sajadah selama new normal ini.

Nah, itu dia new normal starter pack yang kalian bisa siapkan kalau mau keluar rumah. Stay safe ya gengs!