MILZERU – Setelah dibuka hari minggu lalu dan sempat dihadiri oleh 40 ribu warga Jakarta, Car Free Day Sudirman – Thamrin resmi ditutup kembali oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengungkapkan bahwa terdapat 40 ribu warga yang hadir di CFD pada Minggu (21/6) lalu. Berdasarkan data Dishub DKI Jakarta warga yang datang ke CFD terdiri dari 21.200 pejalan kaki dan 18.800 pesepeda.

Pelaksanaan car free day tersebut menuai protes dari banyak pihak, lantaran masih banyak masyarakat yang lupa dengan protokol kesehatan dalam pelaksanaan tersebut.

Hasilnya, berdasarkan hasil tes cepat atau rapid test Covid-19, ada lima orang berstatus reaktif. "Rapid test tadi yang ikut tes 600 orang, reaktif 5 orang," ungkap Rusdiyanto. Namun setelah dilakukan tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR), kelimanya dinyatakan negatif Covid-19.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi pun meminta agar pelaksanaan CFD di Sudirman-Thamrin untuk kembali ditiadakan.

"CFD kemarin itu harus ditinjau ulang ya karena permasalahannya masyarakat Jakarta juga tidak mau berdisiplin dalam CFD kemaren. Makanya saya mengimbau kepada masyarakat Jakarta ya kalau mau berolahraga di CFD dan dikasih kesempatan yang baik tetaplah menggunakan protokol-protokol kesehatan," ucap Prasetio saat dikonfirmasi, Selasa (23/6/2020).

Ia khawatir akan terjadi klaster penularan Covid-19 yang baru bila Pemprov DKI tak mengevaluasi atau meninjau kembali kegiatan tersebut.

"Sekali lagi pandemi Covid-19 ini kami enggak tahu datangnya dari mana, tiba-tiba kita kena. Nah risiko kan di masyarakat sendiri. Istilahnya jadi saluran untuk penularan lagi kan juga bahaya," kata dia.

CFD boleh ditutup lagi, tapi tetap semangat olahraga ya gengs!