MILZERU – Seiring dengan semakin banyak penggemar makanan ala suki steamboat di Indonesia, jamur enoki menjadi salah satu jenis jamur yang paling banyak di cari oleh generasi muda. Dengan bentuk yang tidak besar, rasa yang enak, dan tekstur yang lebih kenyal, jamur enoni sangat cocok jika dijadikan pelengkap suki steamboat.

Kenapa Jamur Enoki di Indonesia Dimusnahkan? Begini Penjelasannya!

Namun sangat disayangkan, baru-baru ini Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan telah memusnahkan jamur enoki. Hal ini disebabkan karena Jamur enoki terbukti mengandung listeria yang berbahaya bagi tubuh.

"Di sisi lain, kemarin dua hari yang lalu kita telah memusnahkan jamur enoki, karena beberapa negara di Australia, Amerika dan beberapa negara lain, telah menginfokan bahwa jamur enoki mengandung listeria," kata Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan kemanan Pangan, Ir. Yasid Taufik MM dalam seminar webinar, Rabu (24/6/2020).

Beliau menjelaskan bahwa listeria adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang mengakibatkan keracunan. Ia menerangkan bahwa listeria sebenarnya tidak terlalu berbahaya bagi orang sehat, namun sangat berbahaya bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Di era new normal seperti sekarang ini, sistem kekebalan tubuh menjadi salah satu hal yang paling penting untuk dijaga.

"Kita telah melakukan pengawasan dan pengujian dan ternyata betul enoki tersebut mengandung listeria, sehingga kita musnahkan 2 hari lalu itu," ujarnya.

Kabar baiknya di Indonesia tidak ada korban karena keracunan jamur enoki. Namun pemusnahan jamur enoki tersebut sebagai usaha antisipasi agar tidak ada korban sebagaimana yang terjadi di beberapa negara. Dikarenakan kebanyakan jamur enoki yang ada di Indonesia adalah hasil import dari Negara lain.