MILZERU – Belakangan ini selama masa pandemi CIVID-19, tren  bersepeda mulai kembali digemari oleh masyarakat, khususnya para generasi muda. Mulai dari yang sekedar hobi dan olahraga, sampai untuk digunakan sebagai alat transportasi.

Tak hanya menyehatkan tubuh, bersepeda juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara melepas penat. Namun, menentukan pilihan sepeda sangatlah penting gengs, sama pentingnya seperti kalian mengenal pribadi dan karakter gebetan sebelum jadian. Apalagi bagia kalian yang masih belum tau banyak tentang sepeda mana yang lebih bagus dan cocok bagi pemula. 

Untuk itu, agar tidak menyesal dikemudian hari, tim Milzeru mencoba merangkum khsusus untuk kalian tentang tips memilih sepeda bagi pemula. Yuk simak apa saja!

1. Tentukan budget maksimum 

Hal yang tidak kalah penting adalah budget. Sebelum kalian jauh melihat tipe speda apa yang cocok untuk kalian, ada baiknya kalian mengukur seberapa besar budget maksimum kalian yang akan kalian keluarkan untuk membeli sepeda.

Sekedar referensi boleh saja, asalkan jangan sampai kalian merasa kurang terus-menerus, sehingga mengakibatkan kalian tidak jadi membeli sepeda pertama kalian. Jangan sampai kalian menginginkan sepeda merk Brompton namun budget kalian hanya cukup untuk merk Polygon ya gengs.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Penentuan tujuan dan tempat di mana kalian akan bersepeda sangat berpengaruh dengan tipe sepeda kalian. Jangan sampai Kalian memilih tipe sepeda yang salah, seperti memilih tipe sepeda gunung untuk digunakan mengelilingi jalanan aspal perkotaan.

Kalian Harus Tau! Ini Dia Tips Memilih Sepeda bagi Pemula

Foto: active.com

Secara umum, ada beberapa jenis sepeda yang tersedia di pasaran, sebagai berikut mengutip situs The National Bicycle Dealer Association.

- Mountain bike.

Sepeda yang dirancang untuk penggunaan di jalanan tanah dan berbatu serta jalur-jalur curam di pegunungan. Sepeda umumnya hadir dengan kerangka yang lebih kuat dan tahan goncangan.

- Road bike

Sepeda yang dirancang untuk penggunaan di jalanan-jalanan perkotaan dan dirancang untuk berfokus pada kecepatan. Sepeda jenis ini umumnya hadir dengan bentuk setang yang melengkung ke bawah dan menempatkan pengendara dalam posisi aerodinamis.

- Hybrid bike

Sepeda ini berada di antara road bike dan mountain bike. Tak bisa secepat road bike, juga tak tahan goncangan seperti mountain bike. Sepeda ini cocok bagi Kalian yang ingin bersepeda hanya untuk alasan kebugaran.
Bagi Kalian yang ingin bersepeda mengelilingi jalan-jalan perkotaan, cobalah memilih jenis road bike, fixie, dan lain-lain karena bisa digunakan untuk jalan-jalan santai. Sementara bagi Kalian yang ingin bersepeda di jalur yang lebih menantang, pilih lah jenis sepeda gunung.

3. Perhatikan ukuran sepeda

Menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih sepeda adalah ukuran frame. Sebagian besar produsen sepeda memiliki grafik ukuran yang mencantumkan ukuran frame berdasarkan tinggi badan pengendara.

Kalian juga perlu memperhatikan standover dan jarak dari kursi ke setang. Perlu diketahui juga, kursi yang berada jauh di bawah setang akan membuat perjalanan terasa lebih nyaman. Sementara kursi yang sejajar dengan setang membuat Kalian bisa memberikan lebih banyak tenaga untuk mengayuh pedal.