MILZERU – Sebuah studi terbaru menyebut bahwa perubahan jam makan pada malam hari menjadi lebih awal dapat membantu metabolisme untuk mencegah bobot tubuh dan kadar gula darah melonjak. Studi tentang kaitan jam makan malam dan berat badan ini diterbitkan di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolsm.

Hasil studi mengungkapkan bahwa terlambat makan malam rentan meningkatkan berat badan dan kadar gula darah. Studi yang dikerjakan oleh ahli dari Johns Hopkins University AS ini, meneliti 20 relawan sehat yang makan malam pada jam 10 malam dan tidur pada jam 11 malam.

Setelah diamati, kadar gula darah mereka lebih tinggi 20 persen dan tingkat pembakaran lemaknya berkurang 10 persen, dibanding orang yang makan pukul 6 malam.

“Jika Anda makan di luar jadwal siklus sirkadian normal tubuh, metabolisme glukosa bisa berubah,” jelas Dr. Jonathan C, perwakilan peneliti, seperti dilansir dari Healthline.

Makan Malam Lebih Awal Bisa Turunkan Berat Badan Lho!

Foto: sahabatnestle.co.id

Menurut peneliti, kesimpulan studinya berlaku untuk orang dalam keadaan sehat dan waktu tidur normal. Bagi orang yang suka begadang dan tidur pada pukul dua atau tiga dini hari, perubahan jadwal makan di malam hari tidak akan punya efek signifikan.

Ahli pencegahan obesitas dari M. Louise Fitzpatrick College of Nursing Villanova University AS, Lisa K Diewald menyampaikan bahwa waktu makan malam yang tepat dapat mencegah penyakit kronis seperti diabetes dan jantung.

Menurut Diewald, selama ini banyak orang terpaku pada pengaturan kebiasaan makan untuk diet sehat, hanya sebatas porsi makan. Padahal, penelitian telah membuktikan bahwa pengturan jam makan di malam hari juga memiliki pengaruh yang siginifikan.

Menurutnya, makan malam adalah yang paling berkontribusi pada kalori orang dewasa. Pasalnya, banyak orang dewasa yang kerap terburu-buru atau makan ala kadarnya saat sarapan dan makan siang.

“Kelompok ini rentan makan malam dengan porsi besar atau makan berlebihan,” kata Diewald.

Makan Malam Lebih Awal Bisa Turunkan Berat Badan Lho!

Foto: solopos.com

Untuk mencegah makan berlebihan atau diet tidak sehat, Anda bisa mengaturnya dengan perubahan pola makan. Selain itu lakukanlah makan malam lebih awal dengan porsi menu diet rendah kalori, tinggi protein, tapi rendah lemak. Usahakan juga untuk menjaga pola makan lengkap dan seimbang saat sarapan dan makan siang.