MILZERU – Banyak pengguna IOS yang kaget pada hari ini (Jum’at, 10/07/2020), dikarenakan hamper separuh aplikasi IOS crash setelah di buka. Sekitar pukul 7.00 ET waktu setempat, Facebook mengakui adanya “kesalahan pada IOS SDK yang menyebabkan beberapa aplikasi crash.

Basenya adalah login Facebook, jadi jika kalian memiliki aplikasi yang login menggunakan akun Facebook, maka dapat dipastikan aplikasi kalian akan crash.

Beberapa aplikasi yang mengalami crash antara lain Spotify, Pinterest, TikTok, Arena Valor, Booksy, Venmo, dan aplikasi-aplikasi lain yang bisa menggunakan akun Facebook sebagai loginnya.

Kasus serupa pernah terjadi pada bulan Mei 2020, dimana rilis terbaru Facebook menyertakan perubahan yang memicu crash untuk beberapa pengguna di beberapa aplikasi yang menggunakan Facebook iOS SDK. Namun, saat itu kejadiannya tidak berlangsung lama, karena pihak Facebook segera melakukan update sekitar 2 jam setelahnya.

“Facebook benar-benar mendorong pengembang untuk memasang SDK mereka, kemungkinan karena mereka menginginkan data yang sangat kaya yang dapat mereka kumpulkan pada pengguna aplikasi itu," kata Rambo pada Mei. "SDK ditawarkan sebagai kenyamanan bagi pengembang dan tim pemasaran, karena itu juga dapat digunakan untuk melacak konversi iklan yang dijalankan melalui Facebook."

Ini berarti ketika ada masalah dengan layanan Facebook, itu memengaruhi sejumlah besar aplikasi lain, seperti saat ini. Setiap kali pengguna membuka aplikasi menggunakan SDK, itu membuat panggilan ke server Facebook dalam persiapan untuk mengautentikasi login apa pun. (Itulah sebabnya membuka aplikasi offline mencegah masalah, meskipun Anda dapat menginstal aplikasi yang memblokir panggilan ini.)

Namun tidak perlu khawatir Gengs! Karena saat ini aplikasi-aplikasi tersebut sudah kembali normal. Kalian cukup melakukan restart IPhone kalian ya.