MILZERU – Hidup di kota yang besar seperti Jakarta dan sekitarnya memerlukan moda transportasi yang cepat, mudah, dan murah. Itulah sebabnya KRL (Kereta Rel Listrik) menjadi salah satu moda transportasi favorit bagi warga masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Saat pandemic virus COVID-19, moda transportasi ini pun masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari. Karenanya, berbagai macam protocol Kesehatan secara ketat dilakukan di KRL.

Setelah sebelumnya wajib menggunakan masker, cek temperature suhu, dan menjaga jarak, kali ini KRL menerapkan tambahan protocol Kesehatan, yaitu wajib menggunakan baju lengan Panjang atau jaket selama berada di dalam KRL. Hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir penyebaran virus COVID-19 di dalam KRL.

Info Penting! Sekarang Naik KRL Wajib Pakai Baju Lengan Panjang

Foto: today.line.me

Kebijakan ini sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan No. 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran COVID-19. Aturan ini diterbitkan pada 8 Juni 2020.

Pada bagian Lampiran IV Angka 3 soal protokol kesehatan bagi penumpang KRL/MRT/LRT, tertulis soal syarat yang harus diikuti. Salah satunya menggunakan baju lengan panjang atau jaket.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba menegaskan PT KCI terus menerapkan protokol kesehatan kepada para penumpang. Penumpang wajib menggunakan masker dan menjaga jarak selama di dalam gerbong kereta. Penumpang juga diimbau mencuci tangan sebelum dan sesudah masuk ke gerbong.

"Pengguna KRL juga sangat disarankan menggunakan pakaian lengan panjang dan jaket," tutur Anne.