MILZERU – Siapa yang tidak kenal TikTok? Salah satu aplikasi yang penggunanya melejit saat kampanye #dirumahaja mulai digaungkan pemerintah. Penggunanya pun bukan hanya dikalangan masyarakat biasa gengs, artis papan atas tanah air juga sudah mulai masuk ke dalam media sosial yang terkenal dengan video goyang-goyangnya ini.

Semakin banyaknya pengguna TikTok membuat semakin banyak video menarik muncul di halaman TikTok kita atau biasa disebut dengan “FYP (for you page)”. Tapi kalian tau gak sih, gimana caranya video kalian bisa masuk ke FYP TikTok?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan menjadi kunci sukses dari sebuah video bisa muncul pada halaman FYP dan bisa dilihat oleh lebih banyak orang.

Tidak sedikit yang berusaha mencari tahu mengenai hal ini, bahkan ada yang sempat berbagi video tentang bagaimana caranya video kalian bisa masuk ke FYP TikTok. Namun, tidak semuanya benar, bahkan ada yang hanya mencari sensasi atau biasa disebut dengan “click bait”, ujungnya adalah video mereka yang akan masuk ke FYP bukan video kalian.

Nah, kalian jangan khawatir, Tim Milzeru mencoba merangkum beberapa cara gampang agar video kalian masuk ke FYP TikTok.

Sekilas Tentang For You Page (FYP) di TikTok

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, FYP adalah singkatan dari For You Page, yaitu halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang akan muncul pertama kali setiap kita membuka aplikasi TikTok. Pada halaman tersebut nantinya ada banyak sekali video yang menjadi rekomendasi kalian untuk ditonton.

Banyaknya video yang muncul pada halaman FYP di TikTok berbeda dengan following yang ditentukan oleh apa yang kamu sukai, sekaligus juga siapa yang diikuti.

Catet Gengs! Ini Cara Gampang Video Masuk FYP TikTok

Image: kuyou.id

Halaman FYP, muncul berdasarkan kepopuleran, dan dari halaman FYP ini lah, seseorang bisa terbantu menjadi viral di TikTok. Kalau diperhatikan ada kemiripan antara Algoritma TikTok dengan halaman explore pada Instagram.

Dengan kata lain, ketika kamu tertarik pada sebuah akun tertentu di Instagram, nantinya akan ada beberapa akun sejenis yang akan direkomendasikan untuk kamu. Hal ini tidak berlaku pada TikTok, sebab video apa saja bisa muncul di FYP, dan tidak selalu sesuatu yang menjadi minat kamu.

Cara Video Kalian Masuk FYP TikTok

Yak, kita masuk ke part yang ditunggu-tunggu nih gengs. Catet ya!

Untuk membuat video kalian masuk ke dalam halaman FYP TikTok tidak semudah membalikkan telapak tangan gengs. Ada beberapa yang harus kamu lakukan untuk mencapainya. Yuk mulai sima kapa saja:

  1. Penulisan Caption

Caption pada bagian bawah sebuah video harus dibuat menarik. Sebisa mungkin isi dari caption benar-benar mewakili isi video TikTok yang kamu upload. Selain itu, untuk memancing interaksi atau komentar dari pengguna lainnya, caption ini bisa berupa pertanyaan.

Hal ini dilakukan untuk membantu dan memperbesar peluang terjadinya interaksi pada video yang kamu upload tersebut. Dengan banyaknya interaksi, maka otomatis video akan muncul pada halaman For You.

Tapi ingat ya, jangan “click bait”! Atau kalian akan kehilangan follower setia kalian.

  1. Buat Content Menarik

Cara jadi FYP di TikTok bisa juga dilakukan dengan mencoba untuk membuat sebuah konten yang mampu meningkatkan enggagement antara pembuat content dengan follower. Perhatikan juga kualitas video kamu.

Hal ini bisa dilakukan dengan menciptakan konten yang unik, lucu dan pastinya original. Pastikan kamu membuat para follower merasa puas sekaligus bahagia dan berkenan untuk memberikan komentar yang akan sangat membantu untuk meningkatkan ranking.

  1. Ikutan Tren dan Challenge

Selain itu, cara mudah untuk viral di TikTok juga bisa dilakukan dengan mengikuti isu yang sedang tren saat ini. Hampir setiap hari pasti ada saja tantangan unik atau challenge TikTok yang dibuat oleh para penggunanya.

Ketika tantangan tersebut menjadi viral, kini saatnya kamu mencoba versi kamu sendiri dan menguploadnya pada akun TikTok. Dengan mengikuti tren serta tantangan kekinian, kamu bisa meningkatkan traffic sekaligus follower.

  1. Pakai Lagu Yang Lagi Hits

Ketika kamu membuat sebuah video, maka cara mudah untuk viral di TikTok bisa dilakukan dengan menggunakan lagu yang sedang hits. Cobalah lakukan editing pada video tersebut sebaik mungkin dengan memasukkan potongan lagu tersebut.

Cara ini bisa sangat efektif untuk membuat video kamu muncul pada halaman For You. Tapi perhatikan juga isi konten video kamu ya, jangan asal saja pakai lagu yang populer. Karena kalau isi dan lagi tidak sesuai, maka kesempatan video kamu dilihat orang sampai selesai akan kecil sekali.

  1. Gunakan Hashtag

Cara lain yang bisa dilakukan agar video bisa muncul pada halaman For You adalah dengan menggunakan berbagai hashtag yang saat ini trending. Selain itu, pastikan kamu juga menggunakan beberapa hashtag yang pastinya juga relevan dengan video milik kamu.

Penggunaan hashtag juga akan membantu pengguna TikTok yang lain untuk memudahkan pencarian. Bahkan ada beberapa orang yang menggunakan hashtag #foryou, #FYP ataupun #foryoupage. Beberapa hashtag ini dipercaya mampu meningkatkan popularitas dari sebuah video.

  1. Interaksi Dengan Pengguna TikTok Lain

Sangat disarankan untuk melakukan interaksi dengan beberapa pengguna TikTok lainnya. Kamu bisa memulainya dengan memberikan komentar pada beberapa video orang lain yang masuk dalam halaman FYP.

Dengan melakukan cara ini, nantinya akan tercipta sebuah interaksi. Bahkan, melalui cara ini pula bukan tidak mungkin akan ada banyak pengguna TikTok lain yang berkenan untuk memberikan like pada komentarmu dan bahkan menjadi follower baru kamu.

Itulah beberapa cara agar video kalian bisa masuk ke halaman FYP TikTok. Kalau video kamu masuk halaman FYP, maka secara tidak langsung hal ini juga akan mampu meningkatkan popularitasmu.

- Selamat mencoba ya gengs -