MILZERU – Kalian tahu gak sih Gengs kalau teh hijau dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki sejumlah manfaat untuk Kesehatan? Beberapa studi membuktikan bahwa teh hijau dapat juga digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami, khususnya untuk jenis jerawat yang ringan.

Seperti dilansir dari Medical News today, teh jenis ini memiliki senyawa nabati bernama katekin. Katekin mempunyai sifat antibiotik, antiperadangan, sekaligus anyioksidan. Para peneliti menggunakan senyawa ini untuk menakar potensi manfaat teh hijau bagi kesehatan.

Salah satu senyawa katekin dalam teh hijau adalah epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG memiliki sifat anti peradangan, antibiotik, dan antioksidan. Ketiganya dapat membantu mencegah atau mengobati jerawat.

Studi pada 2017 juga mengungkap, senyawa polifenol dalam teh ini dapat menjaga kesehatan kulit. Senyawa ini dapat mencegah kelenjar sebaceous memproduksi sebum atau minyak berlebih.

Teh Hijau Bantu Hilangkan Jerawat Kalian Secara Alami

Foto: bbcgoodfood.com

Seperti diketahui, minyak berlebih dapat membuat sel-sel kulit mati saling menempel dan menyumbat pori-pori. Inilah salah satu penyebab jerawat. Mengurangi produksi sebum pada kulit dapat membantu mencegah jerawat.

Dua studi kecil lain juga memaparkan penggunaan ekstrak teh hijau oleh untuk mengurangi minyak. Keduanya menunjukkan, efek penggunaan ekstrak teh ini dapat mengurangi minyak berlebih dalam 60 hari.

Penelitian lain mengungkap, pemberian teh hijau yang mengandung EGCG untuk mengatasi jerawat hormonal pada ibu melahirkan. Ahli menemukan, suplemen teh hijau bisa membantu mengurangi jerawat meradang di sekitar hidung, mulut, dan dagu.

 

Sumber: antvklik.com