MILZERU – Dalam persiapan menghadapi adaptasi kebiasaan baru atau AKB yang akan segera kita jalani dalam waktu dekat, penggunaan masker menjadi salah satu alat wajib bagi kalian yang ingin melakukan kegiatan di luar rumah, baik saat nongkrong bareng teman atau saat bekerja di kantor.

Masker penutup wajah telah dianjurkan oleh para petugas medis karena dapat menghambat penyebaran virus corona (Covid-19). Terkadang, memakai masker wajah bisa menjadi hal yang tidak menyenangkan untuk orang yang menggunakan kacamata karena sering membuat lensa berkabut atau berembun.

Hal ini terjadi karena napas hangat menyentuh permukaan kacamata yang relatif dingin, ini membuat kacamata menjadi berkabut atau menimbukan embun. Hal ini cukup berbahaya bagi pengguna kacamata karena kabut atau embun tersebut dapat menghalangi penglihatan.

Nah, berikut beberapa tips yang berhasil Tim Milzeru kumpulkan agar kacamata kalian tidak berkabut atau berembun.

1. Gunakan Masker Mengan Nose Bridge

Jika pengguna menggunakan masker pas di hidung, napas pengguna pasti akan lolos dan mengenai kacamata. Banyak masker wajah yang dijual memiliki nose bridge, sebuah strip fleksibel yang bisa ditekuk dan membentuk sesuai batang hidung sehingga lebih nyaman di hidung.

Ini akan membuat masker wajah lebih efektif karena lebih sedikit uap air yang dapat keluar, membuat pengguna lebih nyaman, dan mencegah napas mengenai kacamata.

2. Letakkan Kacamata Di Atas Masker

Hindari Kacamata Berembun Saat Pakai Masker Dengan Tips Ini

Image: wowkeren.com

Cara sederhana lainnya adalah dengan meletakkan bantalan kacamata atau bagian bawah kacamata di atas masker wajah sehingga bagian atasnya lebih tinggi di hidung pengguna. Dengan mengenakan kacamata di atas bahan masker akan menghalangi napas pengguna mengenai kacamata.

3. Gunakan Sabun dan Air

Jika pengguna tidak memiliki lapisan khusus pada kacamata, pengguna dapat mencoba mencucinya dengan air sabun dan kemudian mengeringkannya. Tujuannya adalah sabun akan meninggalkan film yang mencegah kamacata berkabut.

4. Tambahkan Tissue

Jika pengguna menempelkan tissue yang terlipat di bawah masker di bagian pangkal hidung, tissue akan menyerap uap yang keluar dan menghindari kacamata pengguna berkabut.

5. Gunakan Semprotan Anti Kabut

 

Opsi terakhir adalah membeli produk anti-kabut. Ada sejumlah semprotan anti-kabut yang tersedia secara komersial dan pembersih lensa yang mungkin patut untuk dicoba.

Nah itu dia beberapa tips bagi kalian yang berkacamata agar tidak berembun saat menggunakan masker.

Silahkan dicoba, dan selalu jalankan protocol Kesehatan dimanapun kalian berada.

Stay safe ya Gengs!