MILZERU – Seperti kalian ketahui, penyebaran virus corona sudah merata hampir ke seluruh Negara di dunia. Total yang terinfeksinya pun sudah melebihi 16 juta orang lho Gengs. Seluruh Negara di dunia memerintahkan warganya untuk selalu menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak agar dapat membantu mengurangi dan menghentikan penyebaran virus corona ini. Di Indonesia pun demikian, protokol kesehatan semacam ini selalu diperintahkan dan diingatkan kepada warga masyarakat.

Jika di Negara-negara lain menerapkan protokol kesehatan seperti tersebut di atas, berbeda halnya dengan di China dan Jepang. Banyak orang-orang di sana yang terlihat berjalan membawa semprotan asam hipoklorit.

Kalian tau apa itu semprotan asam hipoklorit Gengs?

Semprotan asam hipoklorit merupakan semprotan untuk membunuh virus, termasuk virus corona Gengs, atau yang biasa disebut dengan semprotan disinfectan.

Disinfektan Lebih Efektif Lawan Virus Corona? Ini Penjelasan Ahli
Foto: straitstimes.com

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa semprotan disinfektan 100 kali lebih efektif daripada pemutih untuk membunuh kuman dan virus. Semprotan disinfektan itu tidak beracun, murah dan aman bagi manusia.

Para ahli mulai mendesak orang-orang mulai menggunakan semprotan HOCI untuk memerangi pandemi virus corona Covid-19.

Dr Darren Reynolds, profesor di bidang Kesehatan dan Lingkungan di Universitas Inggris Barat di Bristol berpendapat bahwa semprotan disinfektan itu mestinya digunakan sejak awal pandemi virus corona. Ia juga menambahkan jika sekarang pun masih belum terlambat.

"Kita seharusnya menggunakan semprotan HOCI untuk melawan virus corona sejak awal. Karena itu akan membuat perbedaan besar, tapi masih belum terlambat," kata Dr Darren dikutip dari Express.

Sehingga orang yang hendak menonton teater atau film bisa menyemprotkan HOCI ini di sepanjang jalan yang dilaluinya untuk membunuh virus corona Covid-19.

Menurut MailOnline, HOCI bagaikan semprotan yang terbaik untuk dari semua jenis antivirus dan agen antibakteri. Semprotan ini telah digunakan di Korea Selatan di awal Maret 2020 untuk melawan virus corona Covid-19.

Korea Selatan salah stau negara dengan angka kasus virus corona Covid-19 terendah, yakni hanya 14.092 orang yang terinfeksi dan 298 orang meninggal dunia.

Pembuatan semprotan HOCI ini bisa dibuat dengan melarutkan sodium dichloroisocyanrate dalam air. Perusahaan bernama Trimite telah mendistribusikan sanitasi fogging tunnel di Inggris dengan nama ShieldMe.

"Potensi fogging dengan asam hipoklorida dalam jumlah besar," kata David Roberts, ketua Trimite.

Kini, NHS sedang melakukan pengujian terhadap semprotan HOCI secara rutin. Jika terlihat tanda-tanda adanya gelombang kedua virus corona, maka semprotan HOCI akan digunakan terutama bagi orang yang berada di garda terdepan melawan pandemi.

Inggris sendiri termasuk negara dengan kasus virus corona Covid-19 tertinggi, yakni melampaui 45 ribu orang. Tapi, beberapa bioskop, restoran, toko dan tempat gym sudah mulai dibuka dan beroperasi.

Di Indonesia sudah ada belum ya?