MILZERU – Beberapa orang yang salah mengartikan tentang kepribadian introvert. TIdak jarang dijadikan “bantalan” akan kesalahan yang dibuat seseorang. Bahkan belum lama ini seorang YouTuber mengungkapkan bahwan ia adalah seorang introvert setelah pernyataan kontroversial yang diungkapkannya.

Tapi apa sih sebenarnya kepribadian introvert itu gengs? Apakah kita atau teman kita termasuk sebagai tipe kepribadian introvert?

Yuk simak penjelasannya di sini.

Kepribadian introvert adalah salah satu dari tiga macam tipe kepribadian, yaitu ekstrovert dan ambivert. Orang yang termasuk kedalam tipe kepribadian introvert adalah orang yang cenderung lebih focus pada perasaan, pikiran, dan mood yang berasal dari dalam dirinya. Orang dengan tipe kepribadian introvert secara umum cenderung lebih senang menyendiri. Berkebalikan dengan tipe kepribadian ekstrovert yang senang dan mendapatkan energi dari interaksi sosial, seorang introvert justru merasa harus mengeluarkan banyak energi saat harus bersosialisasi.

Banyak yang menyalah artikan tipe introvert sebagai seorang yang pendiam, pemalu, dan penyendiri, namun sebenarnya orang dengan tipe kepribadian introvert bukan merupakan orang yang selalu menurup diri dari dunia luar.

Mengenal Lebih Dekat Kepribadian Introvert_

Image: freepik.com

Ciri - ciri orang degan tipe kepribadian introvert

Beberapa ciri umum dari tipe kepribadian introvert adalah:

- Introvert adalah kepribadian yang cenderung menyimpan perasaan sendiri.
- Terlihat pendiam atau menarik diri ketika berada di tengah-tengah sekumpulan orang yang tidak mereka kenal baik.
- Sangat sadar diri dan memikirkan segala sesuatu sebelum bertindak.
- Merupakan pengamat yang baik dan cenderung mempelajari situasi sekitarnya melalui pengamatan terlebih dahulu.
- Lebih mudah bersosialisasi jika bersama dengan orang yang sudah mereka kenal baik.

Jika Anda termasuk dalam kategori kepribadian ini, maka besar kemungkinannya Anda akan sering menyadari atau lebih suka berdiam diri ketika berada di tengah banyak orang, terlebih lagi jika orang-orang di sekeliling Anda adalah orang yang belum dikenal.

Jadi jangan gampang bilang “aku sebenarnya orang yang introvert” tanpa mengenali ap aitu introvert sebenarnya ya.