MILZERU – Seiring dengan semakin berkembangan zaman, di mana hampir semua menjadi serba instan dan mudah. Tidak heran banyak orang yang menginginkan banyak hal dengan instan dan mudah. Tidak terlepas untuk urusan menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan memang sering sekali dikaitkan dengan diet. Banyak metode diet yang beredar belakangan ini dengan klaim bahwa metode diet tersebut yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan.

Padahal tidak semuanya lho Gengs diet itu bisa serta merta menurunkan berat badan. Pola diet yang salah bisa mengakibatkan badan menjadi tidak fresh, bahkan ada yang mengakibatkan berat badan menjadi naik.

Padahal ada caranya jika kalian pingin kurus tanpa diet lho Gengs! Belum lama ini seorang ahli diet dari Cleveland Clinic yang bernama Anna Kippen menerangkan bahwa, hal yang paling penting dalam menurunkan berat badan adalah membentuk kebiasaan makan yang baik.

Berikut ini cara menurunkan berat badan tanpa diet menurut Anna Kippen:

Jangan Mengurangi Terlalu Drastis

Kippen mengatakan, mengurangi asupan makanan secara drastis dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, sama seperti halnya makan yang berlebihan. Mengurangi asupan makakanan memang bisa membuat berat badan kita menjadi turun, namun juga sebaliknya Gengs, hal ini bisa membuat berat badan kita naik. Kok bisa?  Ini yang biasa disebut dengan istilah “diet yoyo”. Hal yang terlalu drastis berkurang berakibat tubuh kita tidak bisa beradaptasi dengan baik, akibatnya akan timbul rasa lapar yang melebihi biasanya, orang yang melakukan diet seperti ini akan cenderung memiliki masa “balas dendam”, ini lah yang mengakibatkan berat badannya naik dan turun begitu cepat.

Cara paling mudahnya adalah menguranginya secara bertahap, jangan tiba-tiba mengurangi secara drastis. Dengan mengurangi porsi makan secara bertahap, tubuh kita akan beradaptasi dengan baik, sehingga tidak akan ada perubahan drastis yang dirasakan tubuh kita. Selain bisa mengurangi berat badan, mengurangi jumlah asupan makanan secara bertahap dapat membuat badan kita menjadi lebih fresh.

Jaga Keseimbangan Kalori Tubuh

Untuk mencapai berat badan yang ideal, tubuh perlu mempertahankan keseimbangan kalori dalam tubuh, ungkap Kippen. Coba kalian mulai dengan memilih makanan yang mengandung nutrisi yang padat. Dalam artian, makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral, protein, serat, dan lemak sehat.

Selain dapat berguna untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi makanan kaya nutrisi juga dapat mencegah berbagai macam penyakit, dan juga dapat membuat kalian kenyang lebih lama Gengs.

Baca juga: Makan Malam Lebih Awal Bisa Turunkan Berat Badan Lho!

Pilihlah Sayuran Segar

Sayuran segar merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal dengan cara yang sehat. Selain itu, serat dalam sayuran bisa membantu kesehatan saluran pencernaan kita Gengs!

Nah, saat memilih sayuran, pilihlah sayuran yang masih segar, karena sayuran segar memiliki nutrisi yang tinggi, rendah kalori, dan tinggi serat, sehingga dapat membuat kita kenyang lebih lama.

Buah Utuh Lebih Baik Dari Pada Jus

Buah utuh atau segar kaya akan kandungan vitamin, mineral dan tinggi serat. Kandungan gula dalam buah segar juga tergolong lebih rendah. Sementara gula yang sering ditambahkan ke dalam jus buah bisa memicu lonjakan gula darah, sekresi insulin dan menambah timbunan lemak dalam tubuh.

Baca juga: Takut Gemuk Saat #Dirumahaja? Ikuti Tips Berikut Ini!

Hindari Atau Kurangi Gula

Asupan gula berlebihan bisa memicu obesitas, diabetes tipe II, penyakit jantung dan berbagai penyakit kronis lainnya. Oleh karena itu, perhatikan setiap kandungan gula dalam setiap makanan yang di konsumsi.

Coba Menghindar Dari Produk-Produk Rendah Lemak

Lemak adalah sumber utama bahan bakar tubuh dan membantu penyerapan vitamin A,D, E, dan K serta karoten. Lemak juga membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan. Pilihlah lemak sehat seperti minyak zaitun, almond, buah alpukat dan sarden. Selain itu, hindari makanan yang diproses tinggi karena mengandung banyak lemak tak sehat yang bisa menambat berat badan.