VIVA –  merupakan sekuel dari film 212 The Power of Love. Dikisahkan, Rahmat (Fauzi Baadilah) yang menjalani profesi sebagai jurnalis memutuskan untuk menjadi relawan kemanusiaan. Dia bersama sahabatnya Adhin (Adhin Abdul Hakim) berangkat ke camp pengungsian di Palestina untuk melihat langsung bagaimana kondisi korban di sana, terutama anak-anak.

Di sana Rahmat bertemu dengan Hayya (Amna Shahab), anak korban konflik di Palestina. Hayya anak yatim piatu, orangtuanya sudah meninggal dan tempat tinggal hancur oleh tentara Israel. Rahmat tertegun melihat Hayya, iba dan muncul rasa kasih sayang untuk anak berusia lima tahun itu.

Hubungan Hayya dan Rahmat menjadi sangat dekat, hingga suatu hari akhirnya Rahmat pun harus kembali ke Indonesia karena hendak menikah dengan Yasna (Meyda Sefira). Di luar dugaan, sesampainya Rahmat di Tanah Air, ternyata Hayya sudah berada di sana.

Hayya pun merasakan kasih sayang dan menyayangi Rahmat sebagai ayahnya. Namun, sejak mereka bersama di Tanah Air, ketegangan mulai muncul.

Drama keluarga yang bikin hati bergejolak antara Rahmat dan Hayya itu mendapat sedikit penyegar dari kehadiran Ria Ricis sebagai pengasuh Hayya. Seiring waktu, Rahmat dibuat galau antara Hayya dan pekerjaannya.

Film yang berdurasi selama 101 menit itu berlatar Indonesia dan Palestina. Film ini mengangkat tema tentang kemanusiaan dan menceritakan pentingnya cinta terhadap sesama manusia. Apalagi negeri Palestina selalu menjadi perhatian di kancah internasional karena mengalami konfik berkepanjangan.

Film garapan Jastis Arimba itu baru saja rilis hari ini, Kamis, 19 September 2019 di bioskop Tanah Air. Oki Setiana Dewi sebagai produser eksekutif berharap film ini menjadi tontonan kaum milenial dalam menyampaikan pesan kemanusiaan dengan cara yang ringan.

"Lewat film saya bersyukur, semuanya lebih mudah, orang-orang enggak bosan juga. Kalau ceramah kan mungkin anak milennial bosan. Kalau lewat film, apalagi penampilan Ria Ricis sangat menghibur, jadi menyampaikan pesan dengan cara yang ringan," tutur Oki saat jumpa pers di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Film Hayya yang didukung oleh beberapa lembaga kemanusiaan seperti Aman Palestin, INH For Humanity, dan Rumah Zakat itu membuat penonton berurai airmata dari pertengahan hingga akhir cerita. Tapi, air mata terobati, ketika Ricis menghibur dengan leluconnya yang khas.

Sumber artikel asli