MILZERU – Halo Gengs! Hari ini udah makan Odading belum? Iya Odading, “Odading mang oleh eum rasanya seperti anda menjadi iron man, belilah odading mang oleng didieu karna lamun teu ngadahar”. Hmmm pasti udah ga asing kan sama kata-kata itu gengs? Iya itu kata-kata yang di keluarkan oleh mang oleh seorang penjual cakwe dan kue odading yang sedang viral di jagat maya.

Odading dan cakwe Mang Sholeh (Oleh) ini adalah kuliner khas bandung. Makanan ini terbuat dari tepung terigu dan telur. Odading atau banyak orang yang menyebutnya sebagai kue bantal. Kue ini memang biasanya dijual bersama cakwe Odading Mang Oleh ini ramai di perbincangkan setelah video review kuliner yang dibuat artis Instagram Ade Londok Viral.

Awalnya, Mang oleh sedikit keberatan video tersebut di unggah di media social, karena dirinya menggunakan beberapa kata yang kurang baik. Dalam video tersebut, Mang Oleh mempromosikan odading secara nyeleneh,yaitu dengan marah-marah dan juga menggunakan beberapa kata kasar.

Efek dari video tersebut, odading dan cakueh nya menjadi ramai pembeli, dan Mang Oleh sampai di bantu 5 orang anaknya untuk berjualan karna kewalahan. Bahkan,saking ramainya Mang Oleh sampai harus mengeluarkan dua kompor tambahan untuk menggoreng adonan odading dan cakwe.

Sebelum viral,Mang oleh hanya menghabiskan sekitar 30 sampai 40 kilogram adonan odading dan cakwe. Namun kini, setelah viral Mang Oleh bisa menghabiskan hampir satu kuintal adonan setiap hari. Ini otomatis berpengaruh terhadap omset yang di peroleh Mang oleh, kini omset mang oleh naik empat kali lipat. Jika sebelumnya mendapat omset 700 ribu,maka sekarang omset Mang Oleh menjadi 2,8 Juta.

Mang Oleh sudah 30 tahun lebih berjualan odading dan cakwe, tepatnya sejak tahun 1987. Pekerjaan ini lah yang mampu menghidupi ke 11 anaknya. Odading dan cakwe Mang Oleh berlokasi di Jalan Baranangsiang,Kota Bandung, Jawa Barat. Odading dan Cakwe di banderol Rp. 1.500 per pcs. Harga tersebut sebanding dengan ukuran cukup besar dan rasanya yang enak

Gimana nih kalian udah pada coba kue odading ini belum?