Milzeru – Billboard Indonesia Top 100 secara resmi diluncurkan pada Rabu 25 Agustus 2019. Ini merupakan daftar lagu-lagu terkini paling populer tiap pekan, dari artis dan musisi Indonesia di semua lintasan genre.

Posisi lagu di Billboard Indonesia Top 100 ditentukan oleh beragam data, dari platform streaming musik, posisi grafik mingguan, pemutaran radio, pemirsa platform streaming video, hingga pemutaran mingguan di jaringan karaoke di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Chief Operating Officer Billboard Indonesia, Aldo Sianturi, saat peluncuran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 25 September 2019.

"Billboard Indonesia sebelumnya lakukan riset enam bulan soal tangga lagu, kami banyak dapat masukan yang kredibel. Kami dapat masukan dari industri musik Indonesia, dan teman-teman di radio," ujarnya.

Billboard Indonesia Top 100 ini juga diharapkan menjadi salah satu langkah pencatatan yang baik, dalam upaya mendata dan mendokumentasikan musik Indonesia.

Rian D'masiv menganggap, dengan adanya tangga lagu favorit ini musisi akan termotivasi untuk membuat karya yang baik dan enak didengar masyarakat.

"Itu bisa jadi acuan, lagu kita disukai orang apa enggak. Buat musisi juga jadi motivasi, ketika lagu termasuk dalam chart 100. Semoga, bisa jadi angin segar bagi musisi. Industri musik sekarang luar biasa, yang penting musisi bisa terus berkarya," kata Rian.

Istri dari Raffi Ahmad, Nagita Slavina yang kini memiliki label musik sendiri juga menilai, terobosan baru ini dapat mengumpulkan seluruh tangga lagu yang mulai banyak di berbagai platform musik.

"Aku suka dengerin lagu di digital platform, dan punya tangga lagu masing-masing. Sekarang, senang banget semua sudah dikumpulkan jadi satu di Billboard Indonesia," tutur Nagita.

Sumber artikel asli