MILZERU – Pagi ini hari Selasa (22/09/2020) halaman Google menampilkan Doodle seorang pelawak legendaris dari tanah air, namanya Benyamin Sueb. Bang Ben begitu sapaan akrabnya, menjadi model halaman Google Doodle ditemani oleh maskot khas Betawi yaitu ondel-ondel.

Google menjelaskan Doodle hari ini diilustrasikan oleh seniman asal Indonesia yang bernama Isa Indra Permana, untuk mengenang almarhum Benyamin Sueb, seorang aktor yang sangat kental akan komedinya, penyanyi, penulis, sutradara, dan juga sebagai produser sebuah film.

Siapa sih yang nggak kenal dengan almarhum Benyamin Sueb Gengs? Kalian masih inget nggak salah satu adegan yang sangat kental diingat dalam salah satu scene film ‘Si Doel Anak Sekolahan’? Dimana sang legenda beradu akting dengan aktor muda Betawi (pada saat itu) yang bernama Mandra. Adegannya mampu membuat kita yang menonton menjadi tertawa geli akan logat Betawi yang digunakannya.

Berikut ini perjalanan karir almarhum Benyamin Sueb yang berhasil Tim Milzeru kumpulkan, yuk disimak sama-sama.

Perjalanan Karir Musik Bang Ben

Perjalanan karir Bang Ben dimulai pada tahun 1950-an dibidang musik, sebagai anggota band Melody Boys. Banyak lagu hits yang masih menempel di ingatan kita sampai saat ini. Sebut saja lagu ‘Hujan Gerimis’, dan ‘Nonton Bioskop’. Sampai Bang en tutup usia di tahun 1995, tercatat sudah 75 album yang berhasil dibuat oleh sang legenda Betawi ini.

Duet Dengan Ida Royani

Selain masuk ke dalam sebuah Grup Band, Bang Ben juga sempat melakukan duet dengan penyanyi muda pada masanya, yaitu Ida Royani. Duetnya tergolong sangat sukses, karena mereka sempat menjadi duet paling populer di Indonesia pada zamannya. Lagu-lagu yang mereka bawakan pun menjadi tenar dan meraih sukses yang besar lho.

Perjalanan Dunia Akting Bang Ben

Bang Ben terjun ke dalam dunia akting pada awal tahun 1970-an. Perjalanan karir beliau sangatlah sukses, total ada 53 film berhasil ditayangkan, baik sebagai aktor, ataupun sebagai sutradara dan produser. Karakter Betawi yang kental dan kocak sangat melekat dalam setiap akting Bang Ben.

Film pertama Bang Ben adalah ‘Benteng Betawi’ pada tahun 1971, kemudian tahun berikutnya disusul oleh ‘Biang Kerok’ di tahun berikutnya. Tahun 1972 Bang Ben membintangi sejumlah film yang cukup sukses, sebut saja ‘Si Doel Anak Betawi’ dan ‘Intan Berduri’ yang disutradarai oleh Sjumanjaya. Bahkan dalam film ‘Intan Berduri’ Bang Ben dinobatkan sebagai Pemeran Utama Terbaik lho Gengs.

Selain film, Bang Ben juga membintangi sinetron yang sangat legendaris, bahkan masih banyak penggemarnya sampai saat ini. Ada yang tahu? Ya benar sekali, ‘Si Doel Anak Sekolahan’. Dalam sinetron ini Bang Ben memerankan tokoh ayah dari Si Doel, Sinetron ini menjadi salah satu sinetron yang paling ditunggu oleh penontonnya.

Mendirikan Radio FM

Pada awal bulan maret 1990, Bang Ben mendirikan radio FM yang bernama ‘Bens Radio’. Radio ini menjadi salah satu pilar utama dalam menggali potensi budaya Betawi di Indonesia. Tujuannya adalah agar warga Jakarta data menikmati budaya mereka sendiri, baik dalam tradisinya, bertutur, dan  berdialog dengan menggunakan bahasa Betawi.

Nah itu dia Gengs sekilas perjalanan karir dari Benyamin Sueb atau biasa kita kenal dengan nama Bang Ben.