MILZERU – Udah pada tau belum nih Gengs, kalau pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang pengurangan penggunaan plastik belanja. Setelah sebelumnya beberapa restoran mengeluarkan kebijakan untuk tidak memberikan sedotan plastik sebagai salah satu bentuk cinta lingkungan, kali ini mini market dan supermarket di beberapa kota besar di Indonesia diminta untuk tidak menggunakan plastik belanja per bulan Agustus 2020 kemarin.

Jadi kita di himbau untuk menggunakan kantong belanja yang dapat digunakan kembali atau reusable, bahasa kerennya ‘tote bag’ Gengs. Harga tote bag memang tidak tergolong mahal, tapi kalau kalian ingin membeli dengan kualitas yang bagus, maka kalian harus merogoh kocek lebih dalam.

Nahh kalian udah pada punya belum kantung belanja atau tote bag sendiri? Bagi kalian yang belum dan belum ada rencana beli, Tim Milzeru kasih tutorial nih cara membuat tote bag sendiri di rumah.

Pilih bahan untuk tas

Pasti kalian pada bingung nih untuk bahan yang akan kalian gunakan untuk membuat totebag,kalian bisa loh menggunakan bahan yang kalian punya dirumah, seperti baju yang sudah tidak kalian gunakan.

Siapkan alat pendukung

Siapkan alat untuk membuat totebag, seperti gunting dan hiasan sebagai pemanis totebag. Hiasannya sesuai selera ya Gengs.

Langkah-langkah

Langkah pertama adalah dengan melipat dua baju, dan potong di bagian lengan

Langkah kedua , dengan memotong bagian leher dari baju . lalu kemudian balik baju hingga sekarang bagian dalam baju yang berada di depan.

Langkah ketiga, rapikan baju dan letakkan dimeja yang rata. Lalu, gunting bagian bawah baju dengan arah keatas dengan lurus. Gunting hanya sekitar 10-15cm saja ya gengs..

Langkah keempat,Setelah sudah digunting sampai ujung baju, lalu kemudian ikat bagian bawah yang sudah digunting tadi. Dilakukan hal yang sama sampai ujung baju

Langkah kelima,Setelah sudah diikat sampai ujung,kemudian lihat dibagian paling kiri ikatan ada 3 bagian, lalu bagian tengan di geser kekiri dan kemudian ikat lagi,lakukan hal yang sama  sampai ujung

Langkah keenam, ikat dengan kencang bagian kiri bawah,lalu kemudian balik baju tersebut.

Dan Langkah ketujuh adalah letakkan hiasam yang sudah di siapkan tadi di bagian depan untuk mempermanis totebag kalian. Hiasan ini cukup disarankan yaa gengs untuk kalian yang memiliki bahan polos.

Gimana gengs? Gampang kan cara buatnya? Ini bisa kalian praktekan dirumah loh.

Bagi kalian yang masih bingung, kalian bisa lihat tutorial di dalam video berikut ini.

Selamat mencobaa Gengs