MILZERU – Gengs, kalian kangen gak sih sama jajanan sekolah? Selama pandemi ini kan siswa belajar secara daring dari rumah, jadi tentu ketika jam istirahat siswa gak bisa ke kantin buat jajan jajanan kesukaannya.

Padahal salah satu tempat favorit para siswa kan kantin, dan biasanya hal yang dikangenin setelah lulus ya jajanan sekolahnya. Tapi tenang, jajanan abang-abang atau mbak-mbak di sekolah ternyata mudah dibuat lho, dan kalian bisa membuat sendiri dari rumah. Wow.

1. Cilor (Aci Telor)

Siapa sih yang gak tahu makanan ini? Makanan ini biasanya jadi primadona nih di sekolah, dan cara pembuatannya mudah banget. Kalian hanya perlu 3 sdm tepung terigu, 10 sdm tepung kanji (Aci), 2 siung bawang putih, daun bawang, 1 bungkus kecil kaldu bubuk dan 1 butir telur.

Pertama-tama campurkan tepung terigu dan aci lalu aduk hingga merata. Lalu masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, daun bawang dan kaldu bubuk. Beri air secukupnya dan aduk kembali sampai adonan bisa dibentuk.

Tahap selanjutnya, didihkan air dan beri sedikit minyak. Masukkan adonan yang telah dibentuk bulat-bulat ke dalam air rebusan dan tunggu hingga matang. Lalu kocok telur untuk menyelimuti cilor saat hendak digoreng. Cilor bisa ditusuk atau dibiarkan saja, sesuai selera. Setelah digoreng, cilor siap dimakan.

2. Somi (Sosis Mie)

Makanan ini juga menjadi salah satu makannyyang sangat digemari oleh siswa, cara membuatnya pun terbilang mudah. Siapkan 5-6 sosis atau secukupnya, 2 bungkus mie instan, dan 2 butir telur. 

Masak mie namun jangan terlalu matang, lalu tiriskan. Jangan lupa, bumbunya juga dicampur ya Gengs. Kemudian lilitkan mie pada sosis, dan masukkan somi tersebut ke dalam telur yang telah dikocok. Kayaknya nih, telur di sini berfungsi sebagai lem gitu, Gengs. Setelah itu somi tinggal digoreng dan siap disajikan. Mudah banget kan.

3. Cireng (Aci digoreng)

Semua orang pasti tahu makanan legend yang satu ini, selain rasanya enak, cara membuatnya mudah pula. Begini cara membuatnya, siapkan 250 gram tepung kanji (aci), 50 gram terigu, daun seledri dan daun bawang secukupnya dan bawang putih. Siapkan juga 200 ml air panas, penyedap rasa ayam, merica bubuk dan garam secukupnya.

Campurkan aci dan tepung terigu hingga merata, lalu tambahkan daun seledri dan daun bawang, bawang putih, penyedap rasa ayam, merica bubuk dan garam. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan dapat dibentuk. Setelah dibentuk, goreng adonan ke dalam minyak panas hingga matang. Cireng siap disajikan.

Nah, Gengs, mudah kan cara membuatnya? Kalian bisa coba bikin jajanan sekolah ini di rumah aja, simple dan enggak ribet. Selamat mencoba ya Gengs, semoga adonannya enggak gagal, hihi.