MILZERU – Kemarin pagi tepatnya hari selasa (06/10/20) musik rock sedang berduka. Eddie Van Halen, pendiri dan juga gitaris dari band Van Halen meninggal dunia. Beliau meninggal dunia pada usia 65 tahun.

Kabar duka meninggalnya Eddie Van Halen diumumkan oleh anaknya, Wolfgang William Van Halen di akun twitter pribadinya. "Saya masih tidak percaya saya harus menulis ini, namun ayahku, Edward Lodewijk Van Halen, telah usai dari perjalanan panjang dan sulit dalam melawan kanker pagi ini," tulis dia. "Dia adalah ayah terbaik yang pernah saya miliki. Setiap momen yang akan lewati bersamanya di atas dan di balik panggung adalah hadiah," sambung dia. "Hatiku hancur dan aku rasa aku tidak akan bisa pulih dari kehilangan ini. Aku mencintaimu, Yah," kata dia lagi.

Eddie meninggal dunia di St. John’s Hospital di Santa Monica, California. Kabar yang beredar mengenai kondisinya dalam 72 jam terakhir yaitu terus menurun.. Kanker paru-paru yang ia derita ternyata sudah menyebar sampai ke otak dan organ tubuh lainnya.

Eddie Van Halen didiagonis menderita kanker lidah di tahun 2000. Saat itu Eddie Van Halen hanya mengaku menjalani rawat jalan untuk mencegah kanker di tubuhnya. Namun tak lama sejak itu, Eddie memberitahu bahwa sepertiga dari lidahnya sudah diambil dan dia dinyatakan bebas dari kanker di tahun 2002. Namun kemudian pada tahun 2011, kanker itu mulai kembali dan malah menyebar sampai ke tenggorokannya.

Dalam wawancara dengan Howard Stern, Eddie mengatakan bahwa” Kanker itu seperti kecoa, menjadi ganas setelah muncul kembali”. Semasa hidupnya, Eddie emang seorang perokok berat. Dia pun membantah kalau rokoklah pemicu kanker yang ia derita selama ini.  Dan di bulan Juni 2019, Eddie Van Halen terlihat botak dan pucat beredar di media sosial, penggemar pun semakin mengkhawatirkan keadaannya.

Mantan istri Eddie, Valerie Bertinelli juga ikut mendampingi Eddie beserta keluarganya di detik-detik terakhir. Saudara sekaligus rekan satu bandnya di Van Halen, Alex, juga turut melepas Eddie.

Eddie Van Halen lahir pada 26 Januari 1955. Dia memiliki nama panjang Edward Lodewijk Van Halen. Ayahnya adalah seorang musisi Belanda bernama Jan Van Halen. Ibunya, Eugenia, adalah perempuan asal Rangkasbitung, Banten, Indonesia. Keluarga Van Halen pindah dari Belanda ke Amerika Serikat ketika Eddie berusia 7 tahun.

Eddie dan kakaknya, Alex, membentuk band pertama mereka, Broken Comb, pada 1964. Nama band bentukan kakak beradik itu terus berganti. Ketika vokalis David Lee Roth dan bassist Michael Anthony bergabung, band itu resmi menyandang nama Van Halen pada 1974.