MILZERU – Kalau bicara soal boyband dan girlband pasti yang terlintas di pikiran kalian adalah K-Pop dan Korea Selatan gak sih? Tapi kalian tahu gak, kalau ternyata Korea Utara juga memiliki girlband lho. Bahkan membernya dipilih langsung oleh orang nomor satu di Korea Utara, sang Presiden, Kim Jong Un.

Moranbong atau Moran Hill Orchestra, nama girlband ini, memulai debutnya sejak Juli 2012 silam. Anggotanya terdiri dari lima orang dan kabarnya kelima member tersebut adalah seorang perwira militer di Korea Utara. Wah, daebak sekali ya teman-teman.

Selain anggotanya yang dipilih langsung oleh pemimpin Korea Utara, beberapa lagunya juga diciptakan oleh Kim Jong Un lho, lagu tersebut diantaranya adalah O My Motherland Full of Hope, Our Father, dan We Think of the Marshall Day and Night. Dan kalian tau gak sih, katanya lagu-lagu tersebut bernada ceria lho, beda banget sama image yang kita tahu mengenai pemimpin yang satu ini.

Awalnya, girlband Moranbong ini berpenampilan seperti girlband asal Korea Selatan pada umumnya, berpakaian warna-warni. Namun seiring berjalannya waktu, penampilan mereka mulai berubah menjadi bergaya militer.

Berbeda dari girlband pada umumnya, para member Moranbong selain menyanyi, juga memainkan alat musik sendiri lho. Alat musik tersebut diantaranya biola elektrik, gitar, celo, keyboard, drum, saksofon, dan synthesizer.

Tujuan didirikannya girlband ini adalah untuk memperkenalkan budaya pop, namun pesan yang disampaikan dalam lagu tetap dapat terkontrol. Media pemerintah Korea juga menyebutkan bahwa Moranbong ini merupakan bagian dari upaya modernisasi "muluk-muluk".

Kalau biasanya girlband atau boyband hanya bertujuan untuk menghibur, girlband yang satu ini beda banget ya. Mungkin karena girlband yang satu ini dibentuk langsung oleh pemerintahan bukan oleh Rumah Produksi seperti biasanya. Gengs, kira-kira kalian bakal jadi fandomnya girlband ini gak nih?