MILZERU – Hari ini hastag #MahasiswaBergerak kembali trending di Twitter. Mahasiswa, Buruh, dan berbagai elemen masyarakat menggelar aksi unjuk rasa menolak pengesahan Undang-undang Cipta Kerja pada Kamis (8/10) di sekitar gedung DPR dan Istana Negara.

Sejak dahulu hingga sekarang, mahasiswa memang selalu identik dengan demo ya Gengs. Mulai dari aksi di sekitar kampus, daerah, hingga aksi Nasional enggak pernah ada habisnya. Tapi kalian suka memperhatikan gak sih tipe-tipe mahasiswa yang suka atau pernah ikut demo? Kita bedah satu-satu yuk.

Si Aktivis Sejati

Sudah pasti di semua kampus, di semua angkatan ada tipe yang seperti ini ya. Gak usah nunggu masalah Nasional dulu, masalah kampus atau masalah-masalah yang jarang diketahui sama mahasiswa biasa aja didemo sama si Aktivis Sejati ini. Kalau ada aksi besar-besaran, biasa orang-orang ini akan jadi koordinator dan berada di garis terdepan.

Si Kritis hanya di saat-saat genting

Orang seperti ini masih terbilang mudah dijumpai ya Gengs. Orang-orang yang terlihat cuek bebek dan biasa aja mendadak jadi kritis, "Indonesia sedang tidak baik-baik saja" begitu ucapnya.

Biasanya orang dengan tipe seperti ini juga akan berada di barisan cukup depan. Mereka mengamati dan memahami betul permasalahan yang terjadi. Dan akan benar-benar beraksi saat masalah besar terjadi. Saat suara dari teman-teman aktivis saja masih belum cukup untuk membuat telinga wakil rakyat kembali berfungsi.

Si Rajin Kuliah tapi Pengen Ikut Demo

Tipe-tipe seperti ini bisa datang dari mahasiswa kupu-kupu atau dari mahasiswa aktif organisasi sekalipun. Biasanya nih, saat ada jadwal aksi saat itu pula ada deadline tugas menunggu. Wah, jadi dilema tuh, nugas atau aksi dulu. Tak jarang, akhirnya mereka membawa tugas mereka ke tempat aksi dengan niat akan mengerjakan tugas di sana. Ta-tapi ... mana sempat.

Si Pembuat Cerita di Akun Media Sosialnya

Orang-orang ini tentu banyak dijumpai di manapun, kapanpun, dan dalam kondisi apapun ya Gengs. Saat ada panggilan aksi, mereka tidak ragu menjawab 'Siap', sambil segera menyiapkan perbekalan alat untuk membuat cerita. Kamera misalnya, kalau-kalau mereka hendak membuat video sinematik. Dan hanphone untuk live report, penting banget ya.

Si Hayu aja dah gak tahu apa-apa

Kalian tentu punya teman, minimal satu, yang seperti ini. Diajak kemanapun, hayuk. Termasuk diajak aksi. Biasanya saat aksi membutuhkan banyak massa, BEM Kampus dan BEM Fakultas akan mengajak mahasiswa-mahasiswa lain untuk ikut aksi. Nah, si tipe hayu aja ini, biasanya tidak akan ragu untuk menjawab 'oke' walaupun kadang-kadang dia tidak tahu betul permasalahan yang diajukan atau ditolak saat aksi berlangsung.

Si Tukang Ngajak Emak

Yang ini bener-bener deh, masa emaknya sampe diajak? Tapi keren sih ini, polisi disuruh mundur gara-gara si emak mau ambil sendal yang ada dibawah kerumunan polisi hehehe

Wah, unik juga ya tipe-tipe mahasiswa saat aksi. Kalau kalian masuk tipe yang mana, Gengs?