MILZERU – Gengs, selama pandemi ini kalian pasti banyak gabut ya karena di rumah terus. Gak apa-apa dong yang penting kesehatan kalian tetap terjaga. Nah, selama di rumah aja mending kalian mulai list tempat yang akan kalian kunjungi setelah pandemi selesai.

Ada beberapa buku yang bisa kalian jadikan referensi sebelum kalian memulai perjalanan. Tentu mengetahui tempat tersebut sebelum mengunjunginya adalah sesuatu yang harus dilakukan.

1. Arah Langkah - Fiersa Besari

Kalau kalian mau berkeliling Indonesia, buku ini bisa banget kalian jadikan referensi. Selain menggambarkan tempat-tempatnya yang indah, buku ini juga menceritakan masyarakat lokalnya. Perjalanan yang menyusuri Indonesia bagian barat ini bermula dari patah hati. Meskipun begitu, gambaran mengenai tempat yang disusuri oleh tiga petualang ini bisa membuat kalian ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut.

2. Tapak Jejak - Fiersa Besari

Buku ini merupakan kelanjutan dari buku Arah Langkah. Berbeda dari buku sebelumnya, di buku ini Fiersa melakukan perjalanannya sendirian. Menyusuri Indonesia Timur sendirian tanpa tahu arah dan tujuan. Tidak ada saudara sama sekali. Tapi dalam perjalanan, dia banyak menemukan teman, bahkan diterima dengan baik oleh orang-orang setempat.

Ada sejarah yang diselipkan, ada surga tersembunyi yang ditunjukkan, ada kebiasaan baik yang diajarkan. Pokoknya untuk kamu yang ingin traveling keliling Indonesia, terutama yang suka backpakeran, bisa banget nih buku ini dijadikan referensi sebelum memulai perjalanan.

3. Life Traveler - Windy Ariestanty

Kalau kalian mau traveling ke luar negeri, buku ini bisa jadi teman perjalanan kalian nih. Buku ini gak cuma berisi informasi mengenai tempat-tempat yang wajib dikunjungi, tapi juga menceritakan pengalaman yang kadang kita lewatkan saat sedang melakukan perjalanan.

Ada quote yang menarik dari buku ini, "Kadang, kita menemukan rumah justru di tempat yang jauh dari rumah itu sendiri. Menemukan teman, sahabat, saudara. Mungkin juga cinta. Mereka-mereka yang memberikan rumah itu untuk kita, apapun bentuknya. Tapi yang paling menyenangkan dalam sebuah perjalanan adalah menemukan diri kita sendiri : sebuah rumah yang sesungguhnya. Yang membuat kita tak akan merasa asing meski berada di tempat asing sekalipun.. because travelers never think that they are foreigners."

Buku ini juga memberi tips-tips sederhana, mulai dari berkemas, tempat yang wajib dikunjungi di Vietnam dan Paris, hingga cara membaur dengan warga setempat.

4. Travelers' Tale, Belok Kanan: Barcelona! - Adhitya Mulya, Alaya Setya, Iman Hidajat, Ninit Hidajat

Buku kolaborasi yang ditulis oleh empat penulis ini bercerita tentang cinta segiempat. Waduh, cinta segiempat gak tuh, cinta segitiga aja udah rumit banget. Mana ini empat-empatnya beda negara semua pula. Karena ada empat tokoh dan empat negara ini yang membuat buku traveling yang satu ini beda dari buka traveling biasanya.

Selain bercerita mengenai tempat-tempat bagus yang bisa kalian kunjungi, buku ini juga bercerita tentang perjuangan cinta empat orang sahabat yang terlibat cinta segiempat.

5. Trilogi Cinta (Muhasabah Cinta, Hijrah Cinta, Islah Cinta) - Dini Fitria

Tokoh utama dari buku ini adalah seorang reporter, kalau kalian seorang jurnalis atau suka dengan kegiatan jurnalistik pasti sedikit banyak akan merasa relate dengan buku ini. Karena putus cinta, Diva, tokoh utama buku ini akhirnya memutuskan mengambil dinas liputan ke luar negeri.

Dengan maksud menyembuhkan lukanya (baca: lari dari kenyataan) dia berkelana ke negara Eropa, Amerika Latin, dan India. Di negara-negara tersebut dia menemukan penderitaan yang dia rasakan tidak ada apa-apanya dibanding dengan saudara muslim minoritas yang dia jumpai di beberapa tempat dalam perjalanannya.

Nah, Gengs, sambil nunggu pandemi beres kalian bisa baca buku di atas ini. Sekalian  mulai nge-list tempat yang akan kalian kunjungi setelah pandemi selesai. Gimana, tertarik?