MILZERU – Halo Gengs, sudah siap jalan-jalan belum? Kalau iya, apa saja yang sudah disiapkan untuk perjalanan nanti. Kira-kira mau kemana? Eum ... kalian kalau traveling gitu lebih tertarik kemana nih? Pantai? Gunung? Atau Taman Bermain yang penuh wahana?

Gengs, kalian tahu predikat The Sunset of Java diberikan pada daerah mana? Yap, Pandeglang, kota paling barat di pulau Jawa. Di Pandeglang pula Taman Nasional Ujung Kulon berada. Kalau kalian mau lihat best sunset tanpa tabir, datang aja ke Taman Nasional Ujung Kulon. Ada banyak tempat yang bisa kalian kunjungi di sini.

Gunung Honje

Rukun Indie yang ke-5 berisi, "Naik Gunung jika mampu", hayo anak Indie, para pecinta alam, sudah mendaki gunung yang satu ini belum. Gunung Honje. Gunung ini tidak terlalu tinggi, hanya 620 MDPL. Tetapi, vegetasi keindahan alamnya menakjubkan. 

Wisata ke Ujung Kulon Pandeglang, The Sunset of Java

Dibanding dengan gunung-gunung yang berada di pulau Jawa, gunung ini terhitung rendah dan pendaki tidak perlu mengeluarkan tenaga berlebih. Gunung Honje ini berlokasi di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, wilayah hutan lindung dan satwa liar berada. Jadi jangan heran, kalau selama pendakian kalian mungkin berpapasan dengan beraneka ragam satwa liar.

Pulau Peucang

Pulau Peucang merupakan pulau yang paling ramai dan sering dipilih untuk dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini seperti surga tersembunyi yang dimiliki provinsi Banten dengan hamparan pasir putih yang luas. 

Wisata ke Ujung Kulon Pandeglang, The Sunset of Java

Di pulau ini, selain berenang, snorkeling, dan menyelam kalian juga bisa tracking ke Karang Copong. Kalian juga bisa menyebrang ke Padang Penggembalaan Cidaon untuk dapat menikmati wildlife viewing. Di Cidaon kita juga bisa melihat atraksi satwa liar seperti banteng, babi hutan, rusa dan merak.

Pulau Panaitan

Pulau yang terletak paling barat di Ujung Semenanjung Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini seperti surga bagi para peselancar. Vegetasi hutan mangrove, hutan pantai dan hutan hujan dataran telah membentuk perbukitan Pulau Panaitan.

Wisata ke Ujung Kulon Pandeglang, The Sunset of Java

Tidak hanya itu, Arca Ganesha beserta benda-benda peninggalan sejarah lainnya juga terdapat di pulau ini, di Puncak Gunung Raksa tepatnya. Kawasan ini sangat cocok untuk kegiatan menyeidn snorkeling. Bahkan riak ombak laut di pulau ini cocok untuk berselancar karena ombaknya cukup tinggi.

Semenanjung Ujung Kulon

Wisata ke Ujung Kulon Pandeglang, The Sunset of Java

Semenanjung Ujung Kulon merupakan wilayah habitat Badak Jawa. Di lokasi ini kalian bisa menikmati tracking, berkemah dan wildlife viewing. Selain itu kalian juga bisa berkemah di Tanjung Layar dan wisata budaya di Goa Sang Huang Sirah.

Pulau Handeuleum

Pulau yang dikelilingi oleh hutan mangrove ini merupakan pulau terbesar yang terletak di antara gugusan pulau-pulau yang berada di ujung timur laut pantai Semenanjung Ujung Kulon. Di pulau ini hidup satwa ular phyton, dan rusa (Rusa Timorensis).

Wisata ke Ujung Kulon Pandeglang, The Sunset of Java

Di pulau ini kalian bisa bersampan untuk menyusuri Sungai Cigenter. Sambil bersampan kalian sekaligus bisa mengamati hutan-hutan tropis. Ada jalan setapak di bagian hulu sungai untuk menuju air terjun bertingkat, selama berjalan kalian akan melintasi tumbuhan bambu.

Bagaimana, kalian tertarik? Langsung berkemas aja yuk dan langsung cus menuju Ujung Kulon, Pandeglang.