MILZERU – Setiap kali mau liburan suka ada aja alasan. Entah itu cuti kantor yang sulit didapet, orang tua, atau budget yang gak cukup. Tapi kayaknya kebanyakan alasannya nih karena budget yang kurang. Tenang aja Gengs, kalau kalian punya budget cuma sedikit, masih bisa diakalin. Ini dia tips traveling murah, gak nguras dompet.

Survei tempat sebelum liburan

Mengetahui tempat yang akan kamu kunjungi membuatmu tidak kebingungan saat sampai di tempat tujuan. Selain itu, kamu jadi tahu akan kemana dengn tarif berapa karena kamu sudah mencari tahu baik via internet atu bertanya ke orang yang berpengalaman. Selain berpengaruh ke budgeting, waktumu juga jadi lebih efisien.

Pesan tiket dari jauh hari

Semakin jauh jarak pembelian tiket dari tanggal pemberangkatan maka semakin murah pula harga tiketnya. Tentu hal ini sangat menguntungkan untukmu yang memiliki budget liburan sedikit.

Berlibur saat orang-orang kerja, alias bukan di musim liburan

Saat musim liburan tentu destinasi wisata akan ramai oleh pengunjung. Kalau kamu berlibur di musim sepi, alias bukan musim liburan, kamu bisa lebih leluasa mengeksplor tempat yang kamu kunjungi. Selain itu biaya perjalanan akan lebih murah saat di bukan musim liburan.

Jangan lupa cari promo

Saat merencanakan liburan, sebaiknya kamu juga cari-cari diskon deh, biar biaya liburan bisa lebih murah lagi. Jika kamu berlibur bersama teman, kamu bisa membeli tiket atau penawaran lainnya secara bersama, biasanya kalau membeli agak banyak atau paket harganya akan lebih murah.

Manfaatkan Transportasi

Sebelum liburan, kalian juga harus mencari tahu transportasi apa yang bisa kalian gunakan untuk dapat ke tempat tujuan. Kalau liburanmu harus berpindah tempat dari satu kota ke kota yang lain, apalagi perjalanannya cukup jauh, usahakan kamu pergi saat malam hari agar kamu bisa beristirahat di dalam kendaraan. Jadi kamu tidak perlu menyewa hotel untuk tidurmu. Lebih murah kan.

Menginap di Motel, bukan Hotel

Fasilitas hotel memang sudah tidak diragukan lagi, namun hotel biasanya memakan lebih banyak biaya. Sedangkan motel harga sewanya lebih murah, walaupun fasilitasnya tidak sebagus hotel tapi tetap nyaman digunakan kok.

Cari Rekomendasi Makanan Murah

Selain tidur, kebutuhan penting lainnya adalah makan. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas setempat ya Gengs. Kalian bisa mencari rekomendasi tempat makanan murah dari internet. 

Hayoo, sudah tidak alasan untuk berlibur kan. Eh cuti kantor sama izin orang tua masih harus diurus sih. Tapi kalau alasan terbesarmu adalah budget yang sedikit maka kmu bisa menyiasatinya dengan cara di atas. Selamat mencoba dan selamat berlibur.