MILZERU – Pasti udah pada kangen banget nih kan sama bioskop, bioskop memang dikenal sebagai salah satu tempat hiburan yang paling diminati. Selain sebagai tempat untuk menyaksikan film-film Box Office, bioskop kini juga bisa dijadikan sebagai tempat hangout.

Namun, sekarang Tim Milzeru ingin bahas sisi lain bioskop nih, di setiap bioskop pasti ada beberapa misteri yang tersimpan di dalamnya. Beberapa diantaranya bahkan dikaitkan dengan mistos-mitos masa lalu dan bahkan tetap dipercaya hingga sekarang.

Nah, beberapa bioskop berikut ini punya catatan misteri yang belum terungkap, apakah benar memang nyata atau hanya sekedar mitos saja. Berikut Tim Milzeru udah ngumpulin bioskop-bioskop misterius di Indonesia yang menyimpan beberapa mitos dan misteri yang belum terjawab

  1. Atoom Citeureup, Bogor

Sejak tahun 1998, bioskop yang satu ini sudah tidak terurus lagi. Awal mula cerita, bioskop ini kerap disebut sebagai tempat melakukan aktifitas esek-esek sambil menonton film.

Bahkan, kerap kali juga banyak masyarakat yang melakukan aborsi di bioskop ini dan diletakkann dibawah kursi. Saking menyeramkannya, bioskop Atom ini sempat dijadikan sebagai tempa uji nyali oleh Sara Wijayanto.

bioskop atoom

Ketika banyak kejadian nyata di masa lalu dan sudah berhenti beroperasi, tidak jarang pihak keamanan atau pengelola gedung mulai melihat beberapa penampakan seperti noni Belanda, tuyul hingga sundel bolong di dereten bangku penonton yang terbengkalai.

bioskop atoom

Bioskop ini pernah dipilih Joko Anwar untuk memutar film “Perempuan Tanah Jahanam” yang banyak sekali mendapat banyak penghargaan.

  1. Buaran Theatre

Bioskop legendaris yang terletak di Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur. Buaran Theatre sudah berhenti beroperasi pada 25 November 2017 yang lalu.

Bioskop legendari ini dikenal sebagai bioskop yang tetap memutar film-film lawas meskipun jaringan bioskop modern dengan film-film terbarunya tetap muncul setiap tahunnya.

buaran

Kisah misterius dari bioskop ini sangat banyak. Mulai dari terbakar saat kerusuhan di bulan Mei 1998, dan adanya “makhluk” lain yang selalu ada di gedung satu dan tiga.

“Makhluk” ini konon suka menganggu orang baru yang datang bekerja atau penonton yang pertama kali datang ke Buaran Theatre. Namun, Buaran Theatre kini hanya menjadi sisa-sisa masa lalu yang akan berakhir.

buaran theatre

Karena dalam beberapa tahun yang akan datang Buaran Theathre tidak akan ditemukan lagi penggantinya.

Bahkan, pernah ada kejadian kesurupan massal saat film Pocong 2 ditayangkan.

  1. Bioskop Regent, Yogyakarta

Bagi warga Yogyakarta pasti sudah tak asing dengan yang namanya Bioskop Regent. Ternyata, di tahun 1999, bioskop tersebut pernah mengalami kebakaran dan mengakibatkan 4 orang tewas. Sejak kejadian itu, banyak sekali cerita seram beredar dan kerap terjadi pada orang yang menonton film di malam hari. 

bioskop regent

Seperti peristiwa yang dialami oleh empat orang penonton yang datang melihat film di jam malam. Mereka membeli tiket bioskop di loket seperti biasa dan kemudian masuk ke dalam studio. Betapa kagetnya mereka ketika ruangan sangat penuh dan tempat yang ingin mereka duduki juga sudah terisi. Akhirnya, mereka berempat langsung lapor kepada satpam tentang kejadian tersebut. Benar saja, pak satpam pun menjelaskan kalau para ‘penunggu’ selalu ikut nimbrung di bioskop pada malam hari. 

Bahkan ada cerita dari seorang pria yang menonton bioskop pada malam hari lalu ditegur oleh ibu hamil yang sedang mengepel lantai ketika ia hendak ke toilet. Namun sang pria curiga karena tidak mungkin wanita hamil bekerja pada malam hari dan seragam yang dikenakan pun beda dari petugas yang lain.

  1. Bioskop Parahyangan, Tasikmalaya

Terakhir, ada Bioskop Parahyangan yang berlokasi di Tasikmalaya. Gedung yang sekarang beralih menjadi Hotel Santika tersebut, dulu sempat terbengkalai. Semua fasilitasnya rusak karena sudah lama tak dirawat.

Alhasil, gedung tersebut seolah berubah menjadi bangunan seram yang dihuni oleh beberapa makhluk astral.  Hal ini pun dibenarkan oleh masyarakat setempat yang seringkali mendengar suara ramai di dalamnya, padahal tidak ada seorang pun di sana. 

bioskop parahyangan

Itulah bioskop yang penuh diselimuti dengan kisah terseram di Indonesia. Kalian boleh percaya atau tidak dengan cerita-cerita ini. Namun yang pasti kisah-kisah tersebut sudah menjadi legenda bagi masyarakat setempat. 

Kalian pernah juga nggak gengs ngalamin kejadian horror pada saat di bioskop?