MILZERU – Gengs, umumnya mobil ambulans fungsinya untuk apa sih? Yup, ambulans pada umumnya digunakan untuk antar-jemput orang yang sakit darurat maupun jenazah. Namun, kini lagi viral di media sosial tentang video ambulans yang dipergunakan di luar dari semestinya Gengs.

Yang lagi viral baru-baru ini, sebuah video yang memperlihatkan mobil ambulans dipakai untuk mengantarkan seserahan ke acara pernikahan salah seorang warga. Kok bisa? Emang boleh?

Video ini awalnya diunggah oleh salah seorang warganet di Twitter Gengs. Lalu diunggah kembali oleh akun Instagram @undercover.id pada Senin (19/10) kemarin. Dalam video berdurasi 1 menit 23 detik itu Gengs, di awal video tampak mobil ambulans bernomor polisi warna hitam sedang melintas di Jembatan Musi IV Palembang dengan iring-iringan mobil lainnya.

Video mobil ambulans ini tampak diambil oleh seseorang yang ada di depannya saat di perjalanan. Mobil ambulans ini terlihat mengawal rombongan mobil-mobil yang hendak ke pesta pernikahan. Kalo dari videonya Gengs, tepat di belakang mobil si perekam ini ambulans dan mobil pengantin lainnya saling beriringan.

Baca juga: Dilarang Nikah Di Rumah Atau Di Gedung? Ok Di Bus Aja Kalau Begitu!

Bahkan, sepanjang perjalanan, suara sirine khas mobil ambulans menyala lho, layaknya sedang membawa orang sakit maupun jenazah. Diduga mobil ambulans ini disalah fungsikan. Lalu Gengs, terlihat ambulans dan iring-iringan mobil tersebut sudah sampai di lokasi yakni lokasi pernikahan.

Dan benar, setibanya mereka di lokasi, ambulans itu disambut panitia pernikahan. Kemudian, dua orang petugas terlihat mengenakan APD dilengkapi kacamata dan masker keluar dari mobil ambulans. Keduanya membuka pintu belakang dan mengeluarkan seserahan pengantin. Hantaran diserahkan kepada keluarga mempelai laki-laki untuk dibawa ke tempat acara.

Wah mentang-mentang lagi pandemi gini, seserahannya sampe dibawain oleh petugas APD lengkap dan ambulans ya hehehe.

Beredarnya video ini memang langsung membuat ramai di media sosial. Warganet yang mengomentari video ini pun banyak banget Gengs. Tak sedikit warganet yang merasa geram melihat mobil ambulans yang seharusnya dipakai untuk pasien justru digunakan untuk mengantar seserahan.

Apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang ini hal ini membuat prihatin sekaligus geram. Warganet yang ikut menulis komentar kebanyakan merasa bahwa hal seperti ini sangat tidak etis untuk dilakukan di masa pandemi. 

"Maksdny gimna coba. Ktnya covid. Tuh ibu2 ga pake masker. Yg ngasih seserahan pake mobil ambulance emng di perbolehkan yah bgtu. Punya aturan dari mana coba," tulis akun @acepsunandar53.

"Ambulance bekas bawa pasien Corona buat bawa hantaran eh virusnya nempel dan hantarannya di oper oper kena satu kena semua dong," tulis akun @lutfiah_adeliana.