MILZERU – Pasti kalian sering denger dong kalimat ini, “ayo habisin nasinya, kalau nggak nanti nasinya nangis”, atau “jangan duduk di atas bantal, nanti pantatnya bisulan”. Perkataan seperti ini dikenal dengan nama Mitos Gengs.

Percaya atau tidak percaya mitos-mitos seperti ini banyak banget dan ternyata secara tidak sengaja masuk ke alam bawah sadar kita, hingga mampu mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari lho. Kira-kira apa lagi ya mitos unik yang cuma ada di Indonesia?

Tim Milzeru telah mengumpulkan beberapa mitos unik yang Cuma ada di Indonesia. Berikut ini mitos-mitosnya:

Kalau Nyapu Yang Bersih, Kalau Tidak Bisa Dapat Suami Berewokan.

mitos unik di indonesia

Mitos ini dibuat sebenarnya untuk para anak-anak gadis yang terkadang agak bermalas-malasan dalam mengerjakan pekerjaan rumah khususnya menyapu. Karena pada saat itu laki-laki berewokan lebih dekat dengan image kasar, jahat, pelaku criminal, tidak saying mama, dan lain-lain. Tapi mitos ini kalau digunakan dizaman sekarang, sepertinya para anak gadis malah sengaja menyapu tidak bersih, agar dapat suami yang berewokan. Bener gak Gengs?

Rejeki Kamu Akan Dipatuk Ayam Kalau Bangun Kesiangan.

mitos di indonesia

Sejak dahulu kala mitos ini sudah ada, dan orang-orang Indonesia yakin jika bisa bangun lebih awal, maka mereka punya waktu lebih untuk mencari rezeki. Mitos ini ada benarnya juga, karena kalau kita bangun kesiangan, maka kita akan membuang percuma waktu produktif yang kita miliki gengs.

Kalau Makan Dihabiskan Ya, Nanti Nasinya Nangis

Mitos unik di indonesia

Pernah gak sih kalian saat lagi makan diingatkan orang tua untuk menghabiskan makanan sampai bersih, supaya nasinya tidak nangis? Mitos ini dikaitkan dengan salah satu hukum dalam agama islam yang melarang seseorang untuk melakukan perilaku yang mubadzir. Lagi pula, kalau makanan tidak dihabiskan, dikhawatirkan perut kita akan masih terasa lapar.

Kalian Bisa Bisulan Kalau Duduk di Atas Bantal

 mitos unik di Indonesia

Kalau kita pikirkan, memang tidak ada hubungannya antara bantal dengan bisulan. Baik dari segi medis, atau yang lainnya. Sebenarnya mitos ini dibuat agar kita dapat menjaga kesopanan, karena faktanya duduk di atas bantal adalah perbuatan yang tidak baik.

Jangan Mandi Malam-malam, Bisa Bikin Rematik

mitos unik di indonesia

Bukanlah rematik yang terjadi jika kalian sering mandi malam-malam gengs. Melainkan sakit atau nyeri pada tulang kalian. Hal ini disebabkan suhu atau hawa malam bisa menghambat suplai oksigen ke dalam tulang hingga terjadi penyempitan dan akhirnya terasa nyeri. Jadi ini tidak ada hubungannya sama sekali ya gengs.

Awas! Jangan Bersiul Malam-malam, Nanti Setan Datang

mitos unik di Indonesia

Sebenarnya tidak ada kaitannya antara siulan dan setan lho gengs. Tapi entah mengapa beberapa dari kita mungkin percaya akan mitos ini. Yang jelas, kalau bersiul malam-malam bukan setan yang datang, tapi Pak RT karena mengganggu istirahat warganya. Lagi pula kalau ingin bersiul kan bisa di waktu yang lain, malam-malam lebih baik baca artikel di Milzeru gengs.

Dilarang Keras Pakai Baju Hijau Saat ke Pantai Selatan

mitos unik di Indonesia

Mitos ini terbentuk dari kisah Ratu Pantai Selatan yang sangat melegenda di tanah Jawa, khususnya Jawa Tengah. Dipercaya Ratu Pantai Selatan yang dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul memiliki warna favorit, yaitu hijau. Sehingga bagi pengunjung pantai yang menggunakan baju warna hijau akan bisa tenggelam karena “ditarik” oleh Sang Ratu Pantai Selatan. Namun faktanya adalah, menggunakan pakaian berwarna hijau akan menyulitkan tim penyelamat pantai untuk dapat menyelamatkan jika terjadi sesuatu, dikarenakan warna pakaian yang menyerupai warna laut dari kejauhan.

Jangan Duduk Depan Pintu, Nanti Jodohnya Terhalang

mitos unik di Indonesia

Sebenarnya bukan jodoh yang terhalang, tapi orang lain yang mau masuk ke dalam yang terhalang oleh kita. Tapi mungkin mitos ini ada sedikit benarnya, jika calon mertua melihat kita sedang duduk-duduk bermalas-malasan di depan pintu. Dari pada duduk bengong di depan pintu, lebih baik coba melakukan hal yang bermanfaat gengs, misalnya belajar masak, belajar main musik, bersih-bersih rumah, dan lain-lain.