MILZERU – Menurut peraturan presiden nomor 22 tahun 2015, tanggal 22 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional. Pada tanggal 22 Oktober 1945 terjadi peristiwa bersejarah yaitu seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasyim Asy'ari, oleh sebab itu tanggal ini dipilih sebagai Hari Santri.

Ya Akhi, ya Ukhti, di sini ada yang pernah belajar di pesantren gak? Pasti ada dong. Kalau bicara soal Pondok Pesantren, ada banyak kebiasaan-kebiasaan unik yang hanya dilakukan dan dialami oleh santri yang tentunya kalau diingat-ingat lagi jadi bikin kangen pondok.

Alarm Subuh dari pengurus pondok

"(Tok tok tok) Ukhti/Akhi bangun, sebentar lagi azan Subuh" buat yang pernah mengalami kehidupan pesantren, alarm ini pasti pernah dirasakan oleh semua santri ya. Dan semakin lama pintu tidak dibuka, maka semakin keras ketukan dari pengurus yang membangunkan. Emang ajib banget deh alarm yang satu ini.

Booking kamar mandi

Agar tampak segar menjalani hari, mandi tentu hal yang tidak boleh dilewatkan dong. Ada berbagai cara unik saat mengantre kamar mandi di pondok pesantren. Pertama, para santri akan membariskan peralatan mandinya di depan kamar mandi. Peralatan tersebut mewakili si empunya dalam mengantre hihi ada-ada aja ya.

Lalu, cara yang lain adalah dengan meng-cup kamar mandi tersebut. "Ukhti Nisa, sehabis Ukhti Aisyah ana dulu yang mandi, tadi sudah bilang. Lalu setelah saya, ada Ukhti ini, ada Ukhti itu dan seterusnya. Jadi Ukhti Nisa tunggu saja ya, jangan menerobos" ada yang pernah mengalami?

Makan bareng dari satu wadah

Kalian tahu nampan? Iya tempat yang biasa untuk membawa gelas atau piring dalam perjamuan. Tapi, bagi santri sih, nampan memiliki fungsi lain pengganti piring. Biasanya mereka akan makan beramai-ramai dengan nampan tersebut. Kenikmatan makannya sungguh luar biasa. Restoran bintang lima mah lewat.

Menghafal dengan gaya unik

Biasanya santri emang punya banyak hafalan ya. Hafalan hadits, hafalan Al Qur'an, dan hafalan lainnya. Dalam menghafal biasanya santri memiliki gaya yang unik. Ada yang menempelkan kepalanya ke tembok atau tiang masjid, ada yang menghafal sambil memejamkan mata, ada yang menghafal sambil menatap langit-langit, ada yang menghafal sambil ketiduran, waduhhh. Ini gayanya emang macem-macem ya haha. Gapapa deh yang penting hafal.

Terjebak asmara di asrama

Ehem ehem, siapa nih yang pernah mengalami hal ini. Curi-curi pandang ketika sedang kajian bersama, curi-curi kesempatan bertemu (pura-pura gak sengaja ketemu). Aduhh emang berat ya terjebak asmara di asrama ini. LDRnya berasa lebih jauh dibanding beda negara. Soalnya terhalangi oleh pengurus dan ustadz ustadzah, berat banget memang halang rintangnya.

Ghosob adalah jalan ninja para santri

Gak mungkin santri gak pernah mengghosib atau dighosob. Pasti pernah deh. Ghosob adalah meminjam sesuatu tanpa meminta izin terlebih dahulu. Dan benda yang paling sering kena ghosob adalah sandal, astagfirullah, kenapa kamu mudah sekali lenyap wahai sendal. Pergi ke masjid bawa sendal, pas pulang, eh sandalnya sudah sampai duluan di asrama.

Siapa nih yang kangen sama suasana pondok pesantren? Waktu di pondok kadang pengen cepat-cepat lulus ya. Tapi setelah lulus, aduhh rindunya ampun-ampunan.