MILZERU – Lagu dangdut sepertinya sekarang tidak lagi hanya dikonsumsi bapak-bapak atau ibu-ibu saja, melainkan akhir-akhir ini banyak anak muda yang mendengarkan dan bahkan tidak segan untuk  menyanyikan nya di depan umum.

Akhir-akhir ini jargon ‘Tarik Sis, Semongko’ di kalangan anak muda kerap terdengar dan menjadi bahasa sehari- hari, bahkan beberapa waktu yang lalu kata ‘tarik sis’ sempat trending di Twitter.

Ternyata yang membuat kata tersebut viral adalah MC dangdut kondang di Banyuwangi, Ridho Woyo-woyo. ‘Tarik Sis Semongko’ ini berawal dari sebuah pentas dangdutan yang digelar kelompok pemuda Damlimo, Kaecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi.

Ridho mengaku jargon ‘ Tarik sis, Semongko’ merupakan bahasa Jawa  yang mempunyai arti ajak untuk berjoget. Sementara itu semongko adalah kepanjangan dari ‘Semangato Sampek Bongko’. Atau arti dalam bahasa Indonesia nya adalah ‘ Semangatlah Sampai Mati. Jadi semongko disini bukan di artikan sebagai buah semangka yaa gengsss..

Jargon tersebut di cetuskkan oleh Ridho, ketika Anggun Pramudita mendapat giliran untuk menyanyi dan kendang mulai dipukul, Ridho sempat mengingat irama pukulan kendang tersebut seperti musik koplo zaman dahulu dengan lagu Karmila oleh grup musik OM Sera. "Saya nyletuk 'Tarik Sis, Semongko'. Karena saya ingat pada musik versi OM Sera. Tapi waktu itu bukan lagu Bunga, lagunya Karmila, dengan jargon sama. Momen ketidak sengajaan," kata Ridho.

"Senggakan ini memang bukan karya asli saya. Dulu itu penciptanya dari Mas Wiwin dan Mas Wasis dari OM Sera. Masalah penilaian plagiat atau apalah, saya tegaskan sekali lagi, kita orang seni bebas berkreasi, selama tidak ada yang merasa dirugikan," ungkap Ridho.

Ridho menambahkan, dirinya juga masih intens menjalin hubungan baik dengan pencipta jargon tersebut. Oleh karena itu, ia tak terlalu ambil pusing mengenai adanya beberapa pihak yang menyebutnya sebagai plagiat.

Untuk diketahui, dalam grup musik OM Sera, dengan pemain suling bernama Wiwin bersama pemain tamborin bernama Wasis, pernah membuat senggakan "Tarik Sis, Semongko" di lagu Karmila pada 2005-2006.

Demam ‘Tarik Sis Semongko’ rupanya tidak hanya di Indonesia, club Inggris West Ham United mengunggah video baru lewat akun TikTok nya yang memakai backsound jargon ‘Tarik Sis Semongko’

Jadi kata ‘Sis’ di jargon tersebut bukan berarti sister yang di tujukan kepada sang penyanyi, melainkan aba-aba untuk pemain gendang yang bernama ‘wasis’ untuk memulai musiknya. Hmmm pasti kalian baru tau kan gengs fakta ini …