MILZERU – Kalau kalian mendengar kata Jakarta apa yang terlintas di benak kalian? Ibu kota, macet, kota metropolitan, banjir, atau apa? Tapi kalian tahu gak sih bahwa di balik keruwetan kota Jakarta itu masih ada surga tersembunyi atau biasa disebut dengan istilah "Hidden Gem" 

Sebagai kota yang menyimpan banyak sejarah tentu kota Jakarta menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi baik oleh wisata lokal maupun mancanegara. Tapi sebagai warga lokal yang hanya melihat Jakarta sebagai kota metropolitan, banjir, macet da sebagainya mungkin kalian akan terkejut saat mengetahui Hidden Gem yang dimiliki kota ini. Hayooo penasaran kan.

Rumah Akar, Kota Tua

hidden gems Jakarta

Bangunan yang dibangun pada tahun 1873 ini dikabarkan pernah berfungsi sebagai kantor perniagaan pada zaman penjajahan Belanda. Bangunan 2 lantai ini dipenuhi oleh rambatan akar di dinding luar dan dalam bangunan. Meskipun berakar, gelap dan sering disebut angker, tetapi bangunan ini biasa digunakan untuk foto prewedding loh Gengs dan hasilnya pun kece banget. Gimana, tertarik?

Kampung Betawi, Setu Babakan

Hidden gems Jakarta

Kampung Betawi, Setu Babakan merupakan perkampungan Betawi yang masih menjaga kelestarian budaya, di kampung ini rumah-rumahnya masih bergaya Betawi lho Gengs. Selain rumahnya yang masih khas, di kampung ini juga kalian akan melihat aktivitas keseharian masyarakat seperti Latihan Pukul (pencak silat), Ngederes, Injak Tanah dan lainnya.

Kalian juga bisa berwisata kuliner lho di kampung Betawi ini, ada kerak telor, ikan pecak, laksa, tape uli, bir pletok dan makanan khas Betawi lainnya. Kampung Betawi ini terletak di antara dua danau, yaitu Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Hidden Gems Jakarta

Pelabuhan dengan luas 760 hektare merupakan salah satu pelabuhan tertua di Indonesia dan masih aktif beroperasi lho hingga sekarang.  Di pelabuhan ini kalian akan melihat kapal-kapal kayu tradisional yaitu pinisi yang berjajar rapi di sepanjang dermaga. Pemandangan ini tentu sangat bagus untuk dijadikan spot foto. Selain itu, sunset di pelabuhan ini indah banget lho Gengs, sayang banget untuk dilewatkan.

Taman Ismail Marzuki

hidden Gems Jakarta

Tempat ini cocok banget buat kamu yang ingin berwisata sambil belajar sejarah dan keanekaragaman seni budaya bahkan ada juga planetarium. Selain itu, tempat ini juga memiliki banyak spot instagenic yang tentunya cocok banget buat kaum millenial dan gen z. Pasti suka dong sam tempat-tempat seperti ini. Selain beberapa pertunjukan seni seperti teater, tempat ini juga kadang dijadikan tempat konser musik. Wahh lengkap banget ya taman ini, udah gak berbayar lagi alias gratis hehehe.

Museum Taman Prasasti

Hidden Gems Jakarta

Museum yang terletak di kawasan Tanah Abang ini merupakan museum cagar budaya peninggalan Kolonial Belanda yang memiliki koleksi prasasti kuno dan miniatur makam kuno dari 27 provinsi di Indonesia. Ada juga koleksi kereta jenazah antik yang dulu biasa digunakan untuk menghantar jenazah, wuihh ngeri-ngeri serem ya Gengs.

Museum ini juga sering dijadikan tempat pembuatan video klip musik, tempat spot foto bahkan pembuatan film lho Gengs, wah sudah pasti Hidden Gem sih inimah.

Nah itu dia beberapa Hidden Gem di kota metropolitan yang terkenal akan kemacetannya, gimana nih tertarik gak buat berkunjung ke surga tersembunyinya Jakarta?