MILZERU – Di era ini, media sosial seperti menjadi kebutuhan (pokok) baru bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak, hampir semua orang di setiap waktu tak henti-hentinya berselancar di media sosial. Dunia maya seperti kehidupan baru setelah dunia nyata.

Tetapi, ada yang beranggapan bahwa media sosial hanyalah tempat untuk ajang pamer. Apalagi sekarang mudah saja bagi penggunanya untuk membagikan cerita dan foto di akun mereka. Hal tersebutlah yang memicu timbulnya anggapan bahwa media sosial tempat ajang pamer dan sombong. Padahal bisa saja mereka hanya ingin berbagi cerita.

Lagi pula ada banyak sekali manfaat dari media sosial yang bisa kita dapatkan apalagi di masa pandemi seperti ini, manfaat media sosial benar-benar terasa. Memangnya apa saja sih manfaatnya? Berikut penjelasannya.

Tetap dapat berkomunikasi dengan rekan kerja, temen dan keluarga

Semakin dewasa, kesibukan akan bertambah banyak. Waktu bersama keluarga tentu akan berkurang. Kamu harus kuliah lah, kerja lah, atau apapun. Tetapi dengan adanya media sosial kamu tetap bisa berkomunikasi untuk melepas rindu kamu. Pun dengan rekan kerja dan teman.

fungsi sosial media

Di masa pandemi ini, di saat kita harus lebih sering berdiam diri di rumah, pekerjaan juga dilakukan di rumah, kita tetap bisa berkomunikasi dengan rekan kerja kita. Berkoordinasi mengenai pekerjaan. Dengan teman juga sama, Karen gak bisa nongkrong seperti biasa jadinya kalian cuma bisa mengobrol lewat chat atau panggilan video deh. Nah, bermanfaat banget kan.

Menemukan Pekerjaan

Kalau dulu melamar kerja kamu harus mengirim lamaran kamu secara manual dari kantor satu ke kantor yang lain, maka sekarang kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk melamar pekerjaan. Saat ini banyak banget akun lowongan kerja yang memberikan informasi seputar lowongan kerja. Cuma duduk aja di rumah tapi bisa dapat pekerjaan, apa enggak keterlaluan tuh enaknya.

Membangun Personal Image secara Online

Fungsi sosial media

Kamu bisa banget membangun image kamu di media sosial sesuai keinginanmu. Misalnya kamu ingin menunjukkan skill fotografi yang kamu miliki, kamu bisa mengunggah karya-karyamu di media sosial. Jadi orang bakal tahu tuh rekam jejakmu secara digital.

Menambah Koneksi Sosial

fungsi sosial media

Menambah teman di media sosial sekarang mudah banget Gengs. Kamu hanya perlu berselancar di media sosial, bisa berdiskusi atau hanya mengobrol aja. Ditambah, teman di media sosial biasanya beragam. Kamu bisa punya teman dengan profesi apapun, dari kota manapun bahkan bis berteman dengan orang luar negeri. Wuihh, dahsyat banget kan media sosial.

Bergabung dengan Grup yang Bermanfaat

Kehebatan media sosial lainnya adalah kita bisa bergabung dengan grup atau komunitas yang sesuai dengan minat kita. Misalnya kamu suka menulis, kamu bisa bergabung dengan grup-grup kepenulisan untuk menambah ilmu dan pengetahuan kamu tentang dunia tulis menulis.

Bisa bertemu dengan Kawan Lama

Kamu sudah jarang bertemu dengan temanmu sewaktu SD. Tapiiiiii di media sosial mudah saja buat kalian bisa bertemu lagi. Hanya dengan mengetikkan nama seseorang kita bisa dengan mudah menemukan orang itu. Canggih bener dah media sosial ini.

Lebih Mudah Mendapat Informasi

Kalau dulu berita hanya dicetak di koran atau disiarkan di TV dan Radio, dengan durasi yang cukup lama dari kejadian peristiwa. Maka sekarang, kita bisa lebih cepat mendapatkan informasi dari media massa online. Apalagi kan sekarang media berita gitu sudah pada punya akun media sosial juga, jadi tambah mudah deh buat mendapatkan informasi. Dan kamu dapat membaca berita dimanapun dan kapanpun.

Hayooo, siapa yang masih mau bilang bahwa media sosial itu tempat ajang pamer dan sombong? Memang tidak dapat dimungkiri bahwa media sosial memiliki dampak negatif, tetapi kalau kamu bijak menggunakannya, maka kamu bisa mendapatkan dampak positif yang lebih banyak dibanding dampak negatifnya. Makanya, mulai sekarang bijak bermedia sosial ya Gengs.