MILZERU – Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam melimpah. Selain kekayaan alamnya, Indonesia juga merupakan negara yang masih memiliki hewan purba yang telah hidup sejak ratusan tahun yang lalu, Komodo. Tapi kalian tahu gak sih Gengs, ada beberapa fakta unik tentang Komodo yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Memiliki Bisa yang Mematikan

Komodo dikenal sebagai hewan yang memiliki air liur penuh bakteri. Ia bisa membunuh mangsanya hanya dengan satu gigitan. Tetapi, faktanya air liur komodo hanya sedikit mengandung bakteri. Komodo membunuh mangsanya dengan bisa atau racun yang dia miliki.

Di rahang bawahnya terdapat kelenjar racun yang mengandung bisa komodo. Dengan bisa inilah ia melumpuhkan mangsa yang telah digigitnya. Meski luka bekas gigitan komodo tidak parah tetapi bisa yang tersebar melalui luka tersebut cukup untuk membuat mangsanya kehilangan banyak darah dan ambruk.

Bisa makan hanya sebulan sekali

Ukuran komodo bisa mencapai 2,7 sampai 3 meter dengan berat 166 kg. Tidak hanya tubuhnya yang besar, selera makan hewan purba ini juga besar. Hewan ini memiliki rahang yang elastis sehingga bisa menelan mangsanya bulat-bulat. Tetapi, komodo memiliki proses pencernaan yang lambat.

Untuk mempercepat proses pencernaannya, biasanya setelah makan mereka akan berjemur di bawah sinar matahari. Jika sudah selesai, mereka akan memuntahkan sisa makanan yang tidak bisa dicerna. Hal uniknya adalah semakin besar mangsanya maka ia semakin jarang berburu. Umumnya, komodo hanya perlu makan sekali dalam sebulan. 

Komodo bisa berubah menjadi kanibal

Hewan pemakan daging ini juga bis memakan sesamanya lho Gengs. Kalo lagi laper banget, mereka juga bisa membongkar makam manusia lalu memakan jenazahnya. Huhu ngeri-ngeri sedap yaa.

Saking resenya kalo lagi laper mereka bisa memangsa sesamanya yang lebih kecil bahkan mereka gak segan buat makan anaknya sendiri. Duh, jangan macem-macem deh sama hewan yang satu ini.

Bayi komodo bisa manjat pohon

Komodo yang masih muda emang bisa manjat pohon Gengs, hal ini dilakukan karena mereka sedang bersembunyi dari komodo dewasa. Nah, kebiasaan memakan sesama ini nih yang bikin si kecil aktif manjat pohon hihi, mereka baru akan turun setelah berusia 4 tahun. Selain manjat pohon, mereka juga punya cara lain, mereka akan berguling di atas kotoran komodo untuk melumuri badan mereka agar bau badannya tidak tercium oleh komodo dewasa.

Tidak perlu komodo jantan bagi komodo betina untuk berkembang biak

Tanpa komodo jantan, komodo betina masih bisa bertelur lho Gengs. Melalui proses partenogenesis komodo betina bertelur yaitu sel telur akan saling membuahi satu sam lain. Gak cuma bisa bertelur sendiri, beberapa komodo betina emang gak pernah hidup bareng komodo jantan. Waduhh, apa jangan-jangan mereka punya pengalaman traumatik ya hehehe.

Nah, Gengs itu dia beberapa fakta unik tentang Komodo, gimana kalian tertarik melihat dalam jarak dekat?