MILZERU – Perempuan dulu memakai make up kalo ada suatu acara saja, Gengs. Tapi kini perempuan dalam sehari-hari pun hampir selalu memakai make up. Bahkan ada beberapa perusahaan yang mewajibkan karyawan perempuan nya untuk bermake-up saat ke kantoe.

Nah makanya brand make up di Indonesia kian kemari perkembangannya sangat pesat, Gengs. Perempuan Indonesia percaya, bahwa brand make up atau produk kecantikan memiliki khasiat bagus untuk kulit dan penampilan mereka. Selain itu, dengan menggunakan produk kecantikan mereka bisa tampil lebih cantik dan fresh, sehingga bisa menimbulkan rasa lebih percaya diri dari sebelumnya.

Brand make up atau produk kecantikan banyak sekali di pasaran dan juga dijual di berbagai platform belanja online. Mulai dari produk brand luar negeri, brand artis terkenal, sampai produk brand lokal.

Ngomong-ngomong soal brand lokal, ternyata beand make up lokal ini tidak kalah saingnya dengan brand-brand luar loh, Gengs. Selain harga mya lebih murah, memakai brand lokal merupakan cara tersendiri untuk menghargai sekaligus mencintai produk dalam negeri kita sendiri, tentunya dengan kualitas yang bagus dan cukup bersaing.

Berikut 10 daftar brand make up lokal yang berkualitas.

1. Wardah, sejak 1995

Siapa yang tidak mengenal dengan brand make up yang satu ini? Sejak pertama kali muncul hingga sekarang, wardah sangat identik dengan kosmetik yang aman digunakan untuk para muslimah sebab sudah berlabelkan halal. Harga kosmestik mulai Rp15.000 (lightening Creamy Foam) hingga Rp800.000 (Make up Kit Professional)

2. Viva Cosmetics, sejak 1962

Viva Cosmetics merupakan brand make up lokal legendaris yang bernaung di PT Vitapharm di Surabaya. Berjalannya waktu, Viva mengikuti tren kecantikan dunia dan terus menginovasi diri dengan menciptakan kualitas produk yang semakin bagus. Harganya mulai Rp8.000 (Milk Cleanser) hingga Rp260.000 (Viva 32Pcs Pro Makeup Set Powder, Foundation, Eyeshadow).

3. Make Over, sejak 2010

Make Over dikemas dengan sangat simple yang didominasi warna hitam membuat tampilan produknya terlihat elegan. Tak hanya itu saja, make up yang dikembangkan PT. Paragon Technology and Innovation ini juga menciptakan warna-warna yang cocok digunakan untuk daily make up atau professional make up.
Harga kosmestik mulai Rp55.000 (Sparkling Powder Gold) hingga Rp689.000 (Foundation Corrective Base Make up)

4. Sariayu, sejak 1977

Produk kosmetik lokal di bawah naungan Martha Tilaar group ini telah lama dikenal berkat filosofinya yang sangat kuat dan begitu erat di benak masyarakat, yaitu kecantikan sempurna secara natural baik dari luar maupun dari dalam. Harga kosmestik mulai Rp8.000 (Masker Acne Care Mask) hingga Rp371.000 (Sariayu Duo Lip Cream k 2 Series)

5. Emina, sejak 2015

Dilihat dari desain packaging yang bertama playful, kosmetiknya yang berwarna nude, hingga outlet yang menggemaskan, banyak yang mengira brand Emina berasal dari Korea. Padahal Emina merupakan brand lokal yang dikembangkan oleh PT. Paragon Technology and Innovation. Harga kosmestik mulai Rp30.000 (Emina-Agent of Brow) hingga Rp256.000 (Emina-Beauty Bliss BB Cream)

6. BLP Beauty, 2016

Brand lokal yang satu ini merupakan brand  milik Lizzie Parra seorang beauty vlogger Indonesia. Berkat kecintaannya terhadap make up, membuat gadis yang biasa dipanggil Icil ini bertekad untuk menciptakan make up dengan ramuan dan komposisi yang diketahuinya. Harga kosmestik mulai Rp90.000 (Eyeshadow Pen) hingga Rp181.000 (Lip Coat-Lipstick Matte)

7. Caring Colours, sejak 1981

Salah satu brand terbaru dari Martha Tilaar Goup yang bernama Caring Colours ini menggaet para ahli dan dokter yang berpengalaman. Harga kosmestik mulai Rp32.000 (Fair White Moisturizer) hingga Rp145.000 (Biokos Timeless Illuminate Dual Action Cake)

8. PAC, sejak 1997

PAC (Profesional Artist Cosmetics) adalah brand lokal yang dirancang untuk professional make up dengan kualitas internasional. Lihat saja dari produk yang dimilikinya sangatlah bagus mulai dari blush on, foundation, powder, eye shadow, lipstick dan bahkan PAC memiliki make up and professional set. Harga kosmestik mulai Rp106.000 (Lip Pencil) hingga Rp3.470.000 (PAC Make up Kit New Edition)

9. Inez Cosmetics, sejak 1998

Inez Cosmetics salah satu brand make up yang tak mau kalah dengan brand make up lain. Sejak berdirinya, Inez dibantu oleh ahli kosmetik Eropa yang punya banyak pengalaman dibidangnya. Jadi, sudah tak diragukan lagi kalau produk kosmetik dari Inez ini sangatlah bagus. Harga kosmestik mulai Rp21.000 (Eye Shadow), Rp93.000 (Sun Care Cream) dan paling mahalnya hanya Rp277.000 (Loose Eyeshadow Powder)

10. Mineral Botanica, sejak 2014

Mineral Botanica merupakan brand yang sekarang ini booming di tengah masyarakat. Hampir semua beauty vlogger dan para MUA (Make Up Artist) mengakui kalau salah satu brand lokal asal Bandung, Jawa Barat dan sudah dikembangkan di Los Angeles, Amerikan Serikat ini punya kualitas yang sangat bagus. Harga kosmestik mulai Rp21.000 (Toner), Rp54.000 (Soft Matte Lip Cream), Rp60.000 (Loose Foundation) hingga Rp215.000 (Air Cushion Foundation)