MILZERU – Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam sangat melimpah. Bahkan ada beberapa flora dan fauna langka yang hanya hidup di hutan-hutan Indonesia. World Wildlife Fund (WWF) bahkan turut melindungi spesies langka yang hanya di Indonesia ini. 

Foto Komodo hadang sebuah truk yang sempat viral membuat banyak orang khawatir dengan habitat dan spesies hewan purba ini. Tapi tahu gak sih Gengs, selain Komodo, masih ada beberapa hewan lainnya yang juga teramcam punah.

Berikut ini beberapa hewan yang terancam punah:

Komodo

Taman Nasional dan habitat asli komodo ini berada di Nusa Tenggara Timur, tempat ini dijadikan taman nasional oleh pemerintah karena kelangkaan kadal raksasa ini. Sekitar 3012 ekor saja jumlah spesies komodo pada tahun 2017, jumlah ini termasuk peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. 

7 hewan teraancam punah

Salah satu faktor yang membuat hewan ini sulit berkembang biak adalah proses perkawinannya. Komodo jantan harus bertarung terlebih dahulu agar bisa kawin dengan komodo betina, apalagi komodo betina cenderung tidak membutuhkan komodo jantan dan cenderung jarang hidup bersama komodo jantan. Selain itu, komodo yang baru mentas juga rawan dimangsa predator lain atau bahkan dimangsa oleh sesamanya.

Tarsius Tarsier

7 hewan terancam punah

Primata langka yang hidup di Sulawesi ini bertubuh kecil dengan warna coklat dan bermata besar. Hewan ini senang bergelantungan di pohon dan terus melompat dari pohon ke pohon. Pemerintah memutuskan Tarsius sebagai hewan yang dilindungi karena ulah pembukaan lahan secara illegal. 

Orangutan Borneo

7 hewan terancam punah

Hewan yang sangat mirip dengan bangsa manusia ini kini hanya tersisa sekitar 55 ribu individu. Habitat orangutan yang direbut paksa untuk pembukaan lahan illegal membuat populasi mereka terus menurun karena mereka membutuhkan hutan yang lebat.

Penyu

7 hewan terancam punah

Dari tujuh spesies penyu di dunia, ada enam spesies penyu yang hidup di Indonesia. Pemerintah membuatkan penangkaran di beberapa daerah untuk melindungi spesies ini yaitu di pulau Tanjung Benoa - Bali, Lombok dan Kepulauan Seribu. Tidak hanya pemerintah, masyarakat setempat pun turut membantu melindungi hewan ini.

Harimau Sumatera

7 hewan terancam punah

Populasi hewan ini diperkirakan akan punah pada tahun 2050 jika di habitat mereka terus-menerus dilakukan pembukaan lahan kelapa sawit secara illegal. Hanya sekitar 300-400 saja sub spesies Harimau Sumatera yang hidup di alam bebas. 

Badak Bercula Satu

7 hewan terancam punah

Hewan langka ini hanya tersisa sekitar 50-60 ekor saja. Jumlah yang terus menurun ini diakibatkan oleh banyaknya yang memburu culanya. Namun sekarang hewan ini termasuk hewan yang dilindungi karena merupakan satu dari lima spesies badak yang masih hidup di dunia. Hewan ini hanya dapan dijumpai di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Burung Cendrawasih

7 hewan terancam punah

Masyarakat Papua memercayai bahwa burung ini merupakan titisan bidadari dari Surga oleh karena itu burung ini dikenal sebagai Bird of Paradise. Burung cantik ini dapat dijumpai di Gantebang yang berada di distrik Nimbokrang, kabupaten Jayapura. 

Sebagai warga negara yang baik, tentu kita tidak ingin kehilangan hewan langka dan cantik ini dong. Oleh karena itu, kita juga harus ikut menjaga ekosistem mereka agar mereka bisa terus lestari.