MILZERU  - Hai Gengs! Buat kalian para pecinta kucing pasti butuh banget artikel ini nih. Sebenarnya, kucing itu termasuk hewan yang bersih lho, Gengs. Kucing bisa membersihkan tubuhnya sendiri dengan cara menjilat sekujur tubuhnya dengan lidahnya. Namun, terkadang tubuh kucing bisa menjadi kotor karena debu, kotoran dan kotoran sehingga kalian tetap perlu memandikannya.

Tapi kalian tau nggak sih cara yang benar memandikan kucing? Kalian tim mandiin kucing sendiri atau bawa ke petshop ini?  Kucing pada umumnya nggak suka air, Gengs. Makanya kalo kalian memandikan mereka biasanya berontak. Jangankan dimandiin ya Gengs, kena cipratan airnya mereka bisa kabur, hehehe.

Nah buat kalian yang ingin hemat memandikan anak bulu (kucing) kalian di rumah saja, kalian harus baca artikel ini sampai habis ya!

Langkah-langkah memandikan kucing yang benar:

1. Potonglah Kuku Kucing Sebelum Dimandikan

Sebelum mulai memandikan, ada baik kalo kalian memotong kuku kucing dulu, Gengs. Hal ini untuk penanggulangan rasa panik dan tegang kucing saat terkena udara. Dan juga jika kucing kalian tiba-tiba memberontak, kucing tidak bisa mencakar kita. 

Setidaknya, potong kuku kucing beberapa jam atau 1-2 hari sebelum dimandikan. Ini bertujuan kucing punya waktu untuk menenangkan diri. Oiya, pas memotong kuku kuku nya pun kalian harus super hati-hati ya agar tidak memotong kuku terlalu pendek. Karena hal ini bisa menyebabkan rasa sakit dan pendarahan.

2. Sikat Bulu Kucing

Langkah berikutnya adalah menyikat bulu kucing. Ini berguna untuk menghilangkan bulu yang kusut sehingga tidak membuat sakit saat dalam kondisi basah.menyikat bulu kucing. Ini berguna untuk menyingkirkan bulu yang kusut sehingga tidak membuat sakit saat dalam kondisi basah.

Ada beberapa kucing yang suka ketika disikat bulunya dan mereka justru tertidur karena merasa nyaman. Tapi, kalo kucing kalian malah memberontak ketika disikat, berikan mereka snack sebagai suguhan ya. disikat bulunya dan mereka justru tertidur karena merasa nyaman. Tapi, kalo kucing kalian malah memberontak ketika disikat, berikan mereka snack sebagai treat ya. 

3. Lalu Mandikan Dengan Sampo KucingSampo Kucing

Kalian tau nggak sih? Menggunakan sampo manusia membuat bulu kucing rontok, kulitnya jadi mengering dan bahkan menjadi racun bagi kucing. Oleh sebab itu, mandikan mereka dengan sampo khusus kucing ya.nggak sih? Menggunakan sampo manusia membuat bulu kucing rontok, kulitnya jadi mengering dan bahkan menjadi racun bagi kucing. Oleh sebab itu, mandikan mereka dengan sampo khusus kucing ya.

Lagi pula, sampo kucing gampang dicari, kok! Cukup kunjungi Petshop atau toko kebutuhan hewan terdekat. Baca petunjuknya sebelum memandikan kucing.sampo kucing gampang dicari, kok! Cukup kunjungi Petshop atau toko kebutuhan hewan terdekat. Baca petunjuknya sebelum memandikan kucing.

4. Cari Waktu Mandi Yang Tepat 

Kapan waktu yang pas untuk memandikan kucing? Disarankan agar memandikan kucing dalam keadaan mereka lelah sehabis bermain. Ini kucing tidak memberontak, menggigit atau kabur saat dimandikan. 

Kalo kucing masih bertenaga, bermainlah dengan mereka sampai kucing peduli. Lalu, abis itu kalian bisa membawanya ke kamar mandi untuk dimandikan. Kalian juga bisa menaruh mainan di bak mandi, sehingga kucing fokus untuk bermain. Lalu, perlahan-lahan lahan ke dalam bak tanpa kucing sadari.

5. Siapkan Air Hangat

Selanjutnya, kalian siapkan bak mandi. Pertama, beri alas kain atau handuk di bagian bawah bak mandi bagian alas tidak licin bagi kucing dan mencegahnya dari risiko tergelincir. Selain itu, alas berguna untuk kucing yang merasa lebih aman dan nyaman.

Lalu, isi bak mandi dengan air hangat. Pastikan suhunya aman untuk kucing, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Kalo udah, balurkan udara perlahan-lahan ke tubuh kucing. Setelah basah beri sampo pada kucing.

6. Pijat lembut untuk membuat nyaman

Setelah dibalurkan udara, berikan sampo kucing dan pijat kalian-pijat lembut tubuh kucing. Hal ini membuat mereka merasa nyaman. Sampo bisa digunakan di bagian leher, tubuh, kaki, perut dan ekor. 

Sementara, untuk bagian kepala, gunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan udara, lalu bersihkan bagian mata dan hidung ada kotoran.

7. Keringkan setelah mandi

Setelah selesai dimandikan, saatnya mengeringkan kucing. Ambil handuk dan lingkarkan ke tubuh kucing. Tepuk-tepuk handuk air menyerap dan mengeringkan bulu kucing yang basah.

Selanjutnya gunakan pengering rambut (hair dryer) dan atur dengan suhu hangat. Sembari dikeringkan dengan pengering rambut, kamu bisa menyisir bulu kucing tidak kusut ya, Gengs.

Nah begitulah langkah-langkah memandikan kucing yang benar. Semoga artikel ini menbantu dan menjawab ketidaktahuan kalian ya langkah mengenai memandikan kucing.