MILZERU – Rabu, 28 Oktober 2020, Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-92. Sumpah yang dideklarasikan pada tanggal 28 Oktober tahun 1928 ini berisi ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: Indonesia.

Peran pemuda di Indonesia sangat penting. Sejak sebelum Indonesia  merdeka bahkan sampai sekarang peran pemuda Indonesia sangat dibutuhkan salah satunya adalah sebagai penerus bangsa. 

Sebagai generasi penerus bangsa, tentu ada hal-hal yang tidak boleh hilang dari pemuda Indonesia. Hal-hal tersebut telah kami rangkum sebagai berikut:

Jasmerah (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah)

Semboyan yang diucapkan oleh presiden pertama Republik Indonesia ini tentu saja mengandung pesan penting untuk pemuda Indonesia. Kenapa sejarah tidak boleh ditinggalkan? Karena kita hidup dari sejarah. Jika kita mengibaratkan sejarah sebagai kampung halaman, maka sejauh apapun kaki melangkah kita tidak boleh melupakan kampung halaman bukan?

Mengenal kebudayaan Indonesia

Kalian semua pasti sudah tahu dong bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak sekali kebudayaan. Keberagaman budaya menjadi ciri khas dan identitas yang tidak boleh hilang. Ingat semboyan negara kita, "Meskipun berbeda-beda tetap satu jua"

Mempelajari Kesenian Daerah

Untuk mempertahankan kebudayaan Indonesia, hal yang bisa dilakukan adalah dengan mempelajari kesenian daerahnya. Misalnya tari tradisional, batik, kain tenun, alat musik dan sebagainya.

Mengetahui kondisi politik saat ini

Sebagai pemuda Indonesia, mengetahui situasi politik terkini sangat penting lho. Pemuda merupakan golongan paling vokal dalam sebuah demokrasi, kalau pemuda Indonesia tidak mengetahui situasi politik terkini, bisa berabe nanti urusan negara hihi. Belajar politik seru, kok.

Meskipun di usia muda kita akan disibukkan dengan mengejar mimpi dan memikirkan masa depan. Tetapi kita tetap tidak boleh meninggalkan peran sebagai pemuda Indonesia. 

Kamu boleh aja suka K-Pop, budaya Barat atau budaya-budaya dari negara lainnya. Tetapi kita harus mempertahankan kebudayaan kita juga. Jangan sampai kita kehilangan identitas diri bangsa Gengs.