MILZERU – Libur telah tiba, libur telah tiba, hore, hore, hore! Siapa nih yang seneng banget kalau liburan sudah datang? Setelah kalian capek dengan kesibukan belajar online atau penat dengan kegiatan di kantor, akhirnya tiba saatnya untuk bisa liburan Gengs!

Eits, tapi ingetnya, sekarang masih pandemi, jadi kalau mau liburan kalian harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan ya Gengs. Mulai dari membawa dan menggunakan masker, membawa selalu hand sanitizer, hingga menyiapkan face shield jika dibutuhkan ya.

Untuk kalian yang pingin banget liburan tapi masih bingung mau kemana dan dirasa tabungannya tidak terlalu banyak, tenang Gengs, Tim Milzeru sudah menyiapkan tips liburan hemat untuk kalian. Nggak tanggung-tanggung Gengs, kita akan liburan ke Jogja dalam waktu tiga hari dua malam hanya bermodalkan uang sebesar 700 ribu rupiah aja.

Hah! Emang bisa? Tentu saja dong Gengs, yuk simak sama-sama tips liburan hemat ala Milzeru, Ke Jogja Cuma modal 700 ribu aja.

1. Transportasi Jakarta – Jogja PP

Ini dia yang paling krusial dalam trip hemat kita ke Jogja. Ada beberapa pilihan moda transportasi yang bisa kita gunakan untuk perjalanan menuju dan kembali dari Jogja. Ada beberapa hal juga yang perlu kita perhatikan dalam memilih moda transportasi, misalnya dari sisi harga dan dari sisi keamanan selama perjalanan.

Dari pertimbangan di atas, moda transportasi yang kami pilih adalah Kereta Api Gengs. Karena selain murah, Kereta Api Indonesia juga menjalankan protocol Kesehatan dengan ketat. Kereta Api yang kita gunakan adalah Kereta Api Ekonomi Bengawan dengan keberangkatan dari Pasar Senen. Harga tiketnya hanya 74 ribu saja Gengs, atau kalau PP sekitar 148 ribu rupiah saja.

Tips Liburan Hemat, Ke Jogja 3 Hari 2 Malam Modal 700 Ribu Aja Gengs!

Namun di saat pandemi seperti sekarang ini ada biaya tambahan untuk kalian yang ingin menggunakan moda transportasi Kereta Api, yaitu biaya Rapid test sebesar 85 ribu. Kita hanya perlu rapid test sekali saja, karena hasil rapid test ini bisa digunakan sampai 3 hari.

2. Transportasi Selama di Jogja

Untuk menemani kalian selama di Jogja, kalian bisa menyewa kendaraan Gengs. Alih-alih menggunakan transportasi umum di saat Pandemi seperti ini, akan lebih aman untuk kalian jika kalian menggunakan kendaraan sewaan Gengs.

Tips Liburan Hemat, Ke Jogja 3 Hari 2 Malam Modal 700 Ribu Aja Gengs!

Setelah sampai di Jogja, kalian bisa langsung menuju ke tempat penyewaan kendaraan roda dua yang ada di sekitar Stasiun tempat kalian turun dari Kereta (Stasiun Lempuyangan). Harganya sangat terjangkau lho Gengs, kalian hanya cukup mengeluarkan uang sebesar 75 ribu untuk penyewaan motor tipe Honda Beat selama seharian penuh.

3. Penginapan Untuk Melepas Lelah

Ok Gengs, kita masuk ke bagian memilih penginapan nih. Jogja memang tempatnya banyak penginapan yang sangat bagus, nyaman, ada nilai seninya dan yang peling penting adalah harganya yang sangat terjangkau. Kalian bisa menginap di tempat yang sangat nyaman, dekat pusat kota dengan harga yang nggak bikin kantong kempes.

Tips Liburan Hemat, Ke Jogja 3 Hari 2 Malam Modal 700 Ribu Aja Gengs!
Source: booking.com

Penginapan yang kami pilihkan adalah Pondok Ijo Guesthouse, yang terletak di dekat Alun-alun Kidul Jogja. Kalian jangan membayangkan nginep di hotel mewah ya, karena yang kami pilihkan adalah salah satu penginapan favorit di Jogja yang dijamin gak kalah deh sama penginapan hotel, ditambah kalian akan punya experience lebih karena menginap disini.

Dengan mengeluarkan uang sebesar 300 ribuan saja untuk menginap selama tiga hari dua malam untuk berdua, kalian sudah bisa mendapatkan fasilitas yang bagus Lho. Sebut saja kolam renang, kamar yang nyaman, dan sudah dapat sarapan juga. Mantab kan?!

4. Makan Selama di Jogja

Untuk kalian yang hobi kulineran, Jogja akan menjadi surga untuk kalian. Bagaimana tidak, mulai dari jajanan khas Jogja seperti Gudeg, hingga jajanan kekinian semua ada di Jogja. Kalian nggak perlu khawatir, Tim Milzeru udah milihin kuliner yang hemat dan juga nikmat untuk kalian.

Ini dia beberapa tempat kuliner yang wajib kalian kunjungi berikut dengan harga kisarannya:

Makan Sore H1 di Saoto Bathok Mbah Katro

Ini adalah salah satu kuliner wajib di kunjungi saat kalian ke Jogja. Saoto Bathok Mbah Katro terletak di daerah utara Candi Sambisari, Sleman, Jogja. Jadi kalian bisa wisata ke Candi Sambisari setelah makan siang di sini. Harganya sangat terjangkau, hanya dikisaran 15 ribu sudah termasuk minum Gengs.

Tips Liburan Hemat, Ke Jogja 3 Hari 2 Malam Modal 700 Ribu Aja Gengs!

Yang menjadi daya tarik dari tempat makan ini adalah cara penyajian dan lokasinya yang sangat nyaman. Soto disajikan menggunakan batok kelapa, disantap selagi hangat sambil mendangi persawahan, hmm nikmat mana lagi yang kamu dustakan Gengs!

Nyemil dan Ngopi Malam H1 di Angkringan Kopi Joss Lik Man

Tips Liburan Hemat, Ke Jogja 3 Hari 2 Malam Modal 700 Ribu Aja Gengs!
Source: qraved.com

Angkringan memang begitu melekat dengan kuliner Jogja. Salah satu angkringan yang sangat terkenal adalah angkringan Kopi Joss Lik Man. Terletak dekat Stasiun Tugu, angkringan ini menyajikan suasana lain untuk nyemil dan ngopi Gengs. Kalian harus coba minum Kopi Joss atau Kopi Arang di sini. Kalau kalian mau nyemil, bisa cobain makan nasi kucing khas angkringan. Harganya sangat bersahabat dengan kantong Gengs.

Makan Siang H2 di Gudeg Yu Narni

Gudeg adalah kuliner wajib kalau datang ke Jogja. Yang paling khas dari Guded Jogja adalah warnanya yang cokelat dan rasanya yang manis. Ada banyak pembuat gudeg terkenal di Jogja. Salah satu yang paling terkenal adalah Yu Narni. Mungkin nama ini masih asing di telinga kalian Gengs, tapi kalau kalian merasa kurang cocok makan gudeg Yu Djum karena terlalu manis, maka gudeg Yu Narni ini sangat cocok untuk kalian.

Tips Liburan Hemat, Ke Jogja 3 Hari 2 Malam Modal 700 Ribu Aja Gengs!
Source: traveloka.com

Rasa yang pas, tidak terlalu manis dan tidak pahit sangatlah cocok untuk santap siang sebelum lanjut pernjalanan ke timur Jogja. Harga yang ditawarkan tidak mahal, dengan uang sebesar 25 ribu kalian sudah bisa mendapat paket gudeg komplit ditambah dengan es tes manis segar. DIjamin kenyang, enak dan puas deh Gengs!

Makan Malam H2 di Watu Amben

Tips Liburan Hemat, Ke Jogja 3 Hari 2 Malam Modal 700 Ribu Aja Gengs!
Source: hipwee.com

Siapa yang senang memandang kota Jogja dari ketinggian? Jangan khawatir, kalia bisa menatap indahnya kota Jogja dari ketinggian saambil menyantap hangatnya mie rebus kesasyangan di tempat ini. Namanya Watu Amben, lokasinya dengan dengan wisata Bukit Bintang.

Makan Siang H3 di House of Raminten

Yang mamanya di Jogja wajib judulnya makan di House of Raminten. Salah satu restoran legendaris dari zaman dahulu yang masih bertahan hingga sekarang. Tempatnya luas banget Gengs, dan pengunjungnya juga ramai. Selain makanan, di sini juga banyak banget spot foto untuk kalian, pokoknya tempatnya Instagramable banget deh. Harga makanannya pun tidak terlalu mahal lho. Dengan modal 25 ribu, kalian sudah bisa makan dengan kenyang di sini.

5. Tempat Wisata

Ada banyak banget tempat wisata yang popular di Jogja. Mulai dari yang bernilai budaya tinggi, pesona alam yang memukau, hingga pusat perbelanjaan tradisional yang wajib kalian kunjungi. Tim Milzeru sudah memilihkannya untuk kalian agar tips liburan hemat kali ini tetap sesuai buget namun tetap asyik untuk dikunjungi.

Hari Pertama: Candi Sambisari, Alun - alun Kidul

Setelah kalian selesai menyantap Soto Batok Mbah Katro, kalian bisa langsung mengunjungi Candi Sambisari yang letaknya persis di sebelah Soto Batok Mbah Katro. Tempatnya memang tidak terlalu luas, namun kalian bisa menikmati suasana candi nan tenang dan kalian juga bisa ambil foto tentunya.

Tips Liburan Hemat, Ke Jogja 3 Hari 2 Malam Modal 700 Ribu Aja Gengs!

Setelah itu kalian bisa melanjutkan perjalanan kalian menuju Alun-alun Kidul. Yang terkenal dari Alun-alun Kidul adalah gemerlapnya lampu sepeda mobil yang akan membuat kalian serasa berada di tengah area pasar malam. Unik kan Gengs?

Hari Kedua: Pantai Kukup, Hutan Pinus Magunan & Seribu Batu Rumah Hobbit

Tidak dapat dipungkiri, semenjak rilisnya film Ada Apa Dengan Cinta 2, wisata di Jogja menjadi sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. Jika dulu kebanyakan orang hanya tau Pantai Parangtritis saja, namun sekarang pantai – pantai lain yang nggak kalah bagusnya dari Parangtritis banyak dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah Pantai Kukup Gengs. Pantai kukup terletak di sebelah selatan Gunung Kidul. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Baron dan Pantai Drini.

Tips Liburan Hemat, Ke Jogja 3 Hari 2 Malam Modal 700 Ribu Aja Gengs!

Selelah bermain air di Pantai, kalian harus coba sensasi bermain di Hutan Pinus Magunan dan Seribu Batu Rumah Hobbit. Kedua tempat wisata ini letaknya berdekatan, jadi kalian bisa sekaligus mengunjungi keduanya ya.

Hari Ketiga: Jalan Malioboro & Pasar Bering Harjo

Tips Liburan Hemat, Ke Jogja 3 Hari 2 Malam Modal 700 Ribu Aja Gengs!
Source: indozone.com

Sebelum pulang, rasanya nggak lengkap kalau kalian nggak beli oleh-oleh. Nah, di Jalan Malioboro yang terkenal seantero Nusantara ini menjual banyak sekali oleh-oleh khas Jogja. Selain itu kalian juga bisa mampir ke salah satu pasar legendaris yaitu Pasar Bering Harjo, di sini kalian bisa belanja berbagai macam oleh-oleh Gengs. Mulai dari pakaian, hingga makanan khas Jogja.

Rangkuman total pengeluaran:

Tiket Kereta Api Jakarta – Jogja PP  : Rp. 150.000,-

Rapid test di stasiun (berlaku 3 hari) : Rp. 85.000,-

Penginapan 3H2M 350 ribu / 2          : Rp. 175.000,-

Sewa motor (75 ribu x 2 hari) / 2        : Rp. 75.000,-

Bensin motor per hari 25 ribu / 2        : Rp. 25.000,-

Biaya makan selama di Jogja            : Rp. 100.000,-

Biaya wisata                                       : Rp. 50.000,-

Biaya lain-lain                                     : Rp. 40.000,-

Total pengeluaran kalian sebesar Rp. 700.000,-

Nah, itu dia tips liburan hemat ke Jogja selama tiga Hari dua Malam dengan Modal hanya 700 Ribu Aja Gengs!

Tungguin tips travel kita berikutnya ya!