MILZERU – Kutub Utara dan Kutub Selatan merupakan magnet bumi. Wilayah yang berada di ujung bumi ini didominasi oleh salju dan es. Meski kedua wilayah ini tampak mirip, tapi ternyata kedua kutub ini memiliki perbedaan lho, Gengs. Berikut ini perbedaan kutub Utara dan kutub Selatan.

1. Kutub Utara adalah lautan yang dikelilingi daratan, Kutub Selatan adalah daratan yang dikelilingi lautan

Kutub Selatan merupakan daratan yang tertutup oleh salju. Sama seperti daratan yang lain, wilayah ini juga memiliki lembah, batuan besar, danau dan gunung Erebus, gunung ini bahkan masih dalam status aktif lho Gengs. Sedangkan kutub Utara merupakan lautan yang membeku dan dikelilingi oleh daratan.

2. Kutub Selatan lebih dingin dibandingkan Kutub Utara

Meskipun sama-sama wilayah bersalju dan es, tetapi jika ditanya mana yang lebih dingin, jawabannya kutub Selatan jauh lebih dingin dibandingkan dengan kutub Utara. Suhu rata-rata di kutub Selatan bisa mencapai -49° celcius, sedangkan suhu rata-rata di kutub Utara hanya mencapai -34° celcius. Wah, dingin banget nih pasti.

3. Kutub Utara berpenduduk, sedangkan Kutub Selatan tidak berpenduduk

Meski dingin, kutub Utara masih merupakan wilayah yang memiliki penduduk lho. Kutub Utara juga dihuni oleh beberapa suku asli mereka yakni suku Inuit, Inupait, Chukchi, Yupik, Kalaalit dan Sami. Sedangkan kutub Selatan, karena suhu yang begitu dingin membuat wilayah ini tidak berpenduduk, jika ada manusia di kutub Selatan, mereka hanya sedang melakukan penelitian.

4. Beruang di Kutub Utara dan Pinguin di Kutub Selatan

Jika kalian tahu beruang kutub dan pinguin dapat dijumpai di kedua kutub, maka fakta yang sebenarnya adalah beruang kutub hanya dapat ditemukan di kutub Utara, sedangkan pinguin hanya dapat ditemukan di wilayah kutub Selatan.

5. Pengelolaan Sumber Daya

Kedua kutub ini memiliki sumber daya alam yakni minyak. Ada dua negara adidaya yang telah mengklaim dan mengelola minyak di wilayah kutub Utara yaitu Amerika Serikat dan Rusia. Sedangkan di kutub Selatan, minyak di wilayah ini tidak dikelola oleh negara manapun karena adanya Perjanjian Antartika dan para peneliti pun hanya meneliti kandungan minyaknya saja.

Nah itu dia Gengs, beberapa perbedaan antara kutub Utara dan kutub Selatan. Ternyata dua kutub ini berkebalikan satu sama lain ya. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kita semua.