MILZERU – Sejak pandemi bandara menjadi sepi dan tidak ramai seperti biasanya. Hal ini disebabkan oleh pelarangan penerbangan, pengurangan penumpang, atau daerah yang melakukan lockdown untuk menekan penyebaran virus corona. Tetapi bandara terbesar kedua di Indonesia ini sudah sepi sejak dibuka lho Gengs.

Bandara Kertajati, Jawa Barat adalah bandara yang pembangunannya dimulai sejak 2015 dan diresmikan pada Mei 2018. Bandara ini memiliki kapasitas 29 juta penumpang per tahun. 

Meski disebut sebagai bandara terbesar kedua di Indonesia dan kapasitas penumpangnya yang cukup banyak, tetapi bandara ini selalu sepi karena lokasinya yang sulit dijangkau. Bahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada 2019, membuat otokritik buat pemerintah. 

Dilansir dari Tempo.com, JK mengatakan bahwa perencanaannya (bandara) tidak terlalu bagus, mungkin kurang penelitian sehingga lokasinya kurang pas, "Letaknya tanggung, kalau berada 20-30 kilometer dari Bandung masih oke, tapi ini kan hampir 100 kilometer. Jadi mau ke Bandung lewat Kertajati musti naik mobil lagi sampai 100 kilometer. Jadi lebih baik langsung saja ke Bandung (lewat Bandara Husein Sastranegara)" tambahnya.

Bandara yang menghabiskan biaya pembangunan sebesar 2-6 Triliun ini telah merugi sejak mulai beroperasi. Seharusnya bandara ini akan ramai pada bulan Juli lalu saat musim haji, karena pada Januari 2020, Kementerian Agama telah menetapkan bandara ini sebagai titik pemberangkatan dan pulang jemaah haji asal Jawa Barat.

Oleh karena itu, sebagai upaya agar bandara ini tetap hidup dan tidak merugi, bandara ini menawarkan jasa foto prewedding, foto bersama keluarga, teman ataupun foto produk/jasa. 

Dalam caption kiriman Facebook dan Instagram @infobijb pada 28 Oktober tertulis, "Sampurasun #WargiBIJB, ada kabar gembira nih buat kamu yang ingin melaksanakan foto prewedding, foto bersama keluarga, teman ataupun foto produk/jasa dengan latar belakang suasana Bandara Internasional Kertajati. Kami akan fasilitasi kebutuhan kalian, tertarik? Segera hubungi Madyasti (081214819305) atau Email: [email protected]"

Namun kiriman tersebut sudah tidak ada di media sosial Bandara Kertajati meski PT Bandara Internasional Jawa Barat (BJIB) mengakui bahwa memang ada sebagian wilayah bandara yang bisa disewa. Bahkan saat ini Bandara Kertajati sedang disebut-sebut sebagai venue prewedding termahal di Indonesia.

Gimana Gengs, kalian tertarik untuk berfoto ria di sini?