MILZERU – Indonesia merupakan negara yang pernah dijajah oleh Belanda. Kalau berbicara soal sejarah, tentu negara Kincir Angin ini banyak sekali terdapat dalam cerita sejarah Indonesia. Selain meninggalkan cerita, Belanda juga meninggalkan banyak bangunan dan situs peninggalan sejarah. 

Bangunan dan situs peninggalan bersejarah ini tersebar di banyak kota di Indonesia dan dijadikan sebagai tempat wisata atau destinasi bersejarah. Berikut ini merupakan kota-kota peninggalan Belanda yang bisa banget kalian kunjungi.

Jakarta

Seperti yang kita tahu bahwa nama awal kota Jakarta bukanlah Jakarta. Sunda Kelapa, Batavia, dan Jakarta Tokubetsu Shi merupakan nama awal dari Ibu Kota Indonesia ini. Dahulu Belanda membangun area pemerintahan dan perkantoran di kawasan Kota Tua Jakarta. 

Saat ini Kota Tua Jakarta dijadikan sebagai destinasi wisata bersejarah. Bangunan di sana beralih fungsi menjadi Museum Fatahillah dan Museum Bank Indonesia. Jembatan Intan dan Penjara yang pernah dibangun juga masih ada lho di sana.

Semarang

Kalau kalian ingin jalan-jalan ke Amsterdam tapi belum punya uang, datang saja ke Kota Lama Semarang. Karena tata kotanya yang mirip, Kota Lama Semarang ini dijuluki sebagai 'Little Amsterdam' lho. Kota Semarang juga pernah dijadikan sebagai pusat perdagangan dan militer oleh Belanda pada tahun 1700-an. 

Bandung

Kota yang pernah menjadi tempat pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika ini tentu menyimpan banyak sejarah. Kalau kalian mau merasakan suasana era kolonial Belanda, coba datang ke Jalan Braga dan Jalan Asia-Afrika. Di sini masih banyak terdapat bangunan dengan gaya art deco khas Eropa. Oke banget deh kota yang satu ini.

Surabaya

Jika kalian berlibur di Pahlawan dan ingin melihat tapak tilas perjuangan arek Suroboyo ketika mengusir Belanda dari Indonesia, kalian bisa mengunjungi Hotel Majapahit, Tugu Pahlawan, Jembatan Merah dan Katedral Kepanjen. Area pedestarian di sekitarnya juga apik banget lho, sehingga menyenangkan jika berjalan kaki sekalipun.

Yogyakarta

Mulai dari Jalan Sudirman sampai titik KM 0 Yogyakarta, kalian bisa menjumpai banyak bangunan peninggalan Belanda diantaranya Bank BNI, Gedung Agung, Gedung Bank Indonesia, dan Kantor Pos.

Palembang

Kota yang terkenal dengan makanan khas Pempek ini merupakan kota tertua di Indonesia lho. Ada banyak bangunan bersejarah peninggalan Belanda di kota ini. Sekanak, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jembatan Ampera, kalian bisa menjumpainya di sepanjang kawasan ini.

Salah satu bangunan tua telah dialihfungsikan menjadi kantor walikota dan museum. Di sekitar Danau Kambang Iwak juga masih berdiri pemukiman dengan gaya khas Eropa.

Solo

Saat mas kolonial Belanda, kota ini pernah dijadikan sebagai pusat pemerintahan. Kalian bisa menemukan bangunan peninggalan Belanda di kawasan Omah Lowo, Loji Gandrung, dan Jalan Slamet Riyadi.

Kediri

Kota yang menjadi pusat perdagangan, produksi gula dan rokok ini merupakan salah satu kota peninggalan Belanda. Bangunan pabrik rokok sampai saat ini masih bergaya khas tempo dulu dan Jam Jalan yang berada di depan pintu masuk pabrik gula peninggalan Belanda ini masih terpasang sampai sekarang.

Jalan Dhoho merupakan pusat perbelanjaan yang masih dipenuhi oleh bangunan peninggalan Belanda. Ada juga Gereja Merah yang memiliki salinan Alkitab tahun 1867 yang langka. 

Itu dia beberapa kota peninggalan Belanda. Gimana, kalian tertarik untuk berwisata ke kota-kota tersebut?