MILZERU – Indonesia kalau urusan makanan, emang juara banget deh pokoknya gengs! Kalau ada orang yang tengah merantau ke luar negeri pasti pada kangen deh sama masakan Indonesia, sampai kalau perlu mencari restoran Indonesia yang terletak disana.

Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai menu kuliner khas-nya tersendiri. Diantara banyaknya menu kuliner Indonesia, ternyata ada beberapa menu masakan yang hampir sama loh gengs kayak diluar negeri.

Ada yang sama persis, cuma beda nama aja. Atau yg mirip-mirip sedikit lah ya gengs dari bahan dasarnya hanya penyajiannya atau isi nya saja yang berbeda.

Nih Tim Milzeru udah ngerangkum kuliner Indonesia yang mirip dengan Menu luar negeri :

1. Pangsit dan Gyoza

Kalau dari bentuk luarnya sih mirip ya gengs, bahan untuk kulit nya pun sama. Hanya saja isian dari kedua makanan ini berbeda. Pangsit berisi adonan dengan campuran ikan atau ayam yang di bungkus kulit pangsit berwarna putih kekuningan lalu dikukus.

Sedangkan Gyoza berisi kubis, bawang putih, daun bawang dan daging yang kemudian dibalut dengan kulit pangist. Gyoza biasa disajikan dalam keadaan dikukus, kemudian diletakkan diatas teflon dan dibiarkan bagian bawah nya agak kecoklatan.

gyoza

2. Sate dan Yakitori

Kedua makanan ini sekilas memang sama banget deh gengs. Yang jelas beda, sate berasal dari Indonesia dan Yakitori berasal dari Jepang. Sate khas jepang ini menggunakan daging aya, , persis seperti sate di Indonesia. Bedanya adalah bentuk daging yang digunakan. Dan Yakitori menggunakan daging ayam full tanpa campur dengan bagian lainnya. Dan yakitori memiliki rasa yang sedikit manis.

yakitori

3. Rujak buah dan salad buah

Siapa yang suka makanan buah-buahan yang di campur dan disajikan dengan bumbu kacang yang manis pedas? Yaps benar rujak buah.

kuliner indonesia mendunia

Di Amerika dan Eropa jelas dong ya gengs gaada rujak buah. Tapi, ada makanan yang disebut mirip dengan rujak buah. Yaitu salad buah. Keduanya sama-sama merupakan makanan sehat. Jika rujak buah menggunakan campuran bumbu kacang dan gula merah, salad buah biasa di campur dengan mayonnaise yang rasa nya asam manis dan menyegarkan.

4. Lemper- Kimbap- Sushi- Onigri

Nah kalo yang ini makanan yang selalu ada nih biasanya kalau lagi ada acara-acara. Kalian pasti taukan gengs lemper? Makanan yang terbuat dari nasi atau ketak yang diisi dengan daging ayam. Di jepang makanan seperti ini disebut sushi atau varian lain yaitu onigiri. Selain di Jepang, di Korea Selatan juga ada makanan yang mirip seperti ini, yaitu kimbap.

lemper dan sushi

5. Bubur Ayam dan Risotto

Kedua makanan ini sama-sama bentuk olahan nasi. Risotto adalah olahan nasi asal Italia yang cukp mirip dengan bubur gurih asal Indonesia. Hanya saja bentuk bubur sudah lebih halus bentuk nasi nya dan sementara butiran nasi dalam risotto masih berbentuk utuh.

bubur ayam dan risotto

Selain itu, lauk pelengkap risotto dicampurkan bersama nasi saat prose pemasakkan. Sementara bubur, lauk pelengkap seperti ayam disajikan terpisah sebagai topping.

6. Bihun Goreng dan Japchae

Kehadiran bihun goreng biasanya adalah sebagai salah satu makanan pendamping nasi. Pembuatan bihun goreng ini juga sangat mudah, seperti memasak mie pada umumnya.

Dan ternyata di Korea Selatan, ada makanan yang sangat mirip banget dengan bihungoreng, namanya Japchae.

bihun goreng dan japchae

Yang membedakan kedua makanan ini adalah mie yang digunakan untuk japchae bukan bihun, melainkan dangmyeon atau mie yang terbuat dari pati ubi manis. Meskipun mie yang digunakan berbeda, namun penamilan kedua makanan ini sangat mirip banget gengs! Kembar parah!

7. Bakwan dan Kakiage

Bakwan sayur adalah salah satu camilan yang populer di Indonesia. Biasanya dijual bersama aneka gorengan lain seperti tahu isi, tempe tepung, dan sebagainya. Makanan yang berasal dari sayuran yang digoreng bersama adonan tepung ini ternyata mempunyai kembaran dari Jepang lho gengs!

bakwan dan kakiage

Kakiage nama makanan yang bisa dibilang masih saudara dengan bakwan sayur. Kakiage ini adalah cemilan yang biasa disajikan bersama udon. Terbuat dari irisan sayuran dan digoreng dengan adonan tepung beras

8. Surabi dan Pancake

Tampilan kedua makanan ini juga sangat mirip gengs. Namun cara pemasakan kedua makanan ini berbeda, pancake biasanya dimasak dengan Teflon dan dimasak menggunakan api di kompor modern.

Sedangkan surab biasanya masih dimasak di atas tungku api yang masih menggunakan kayu bakar, dan wadah yang digunakanuntuk membuat surabi masih berbahan dasar batu.

surabi dan pancake

Nah itu dia gengs kuliner Indonesia yang mirip sama menu makanan di luar negeri. Tapi yang pasti tetap makanan Indonesia  deh yang paling the best! Setuju nggak gengs?