MILZERU – Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional, ditetapkan melalui Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional. Keputusan Presiden tersebut ditandatangani oleh Presiden pertama RI, Ir Soekarno.

Penetapan Hari Pahlawan ini berdasarkan peristiwa pertempuran antara arek-arek Suroboyo dengan tentara Belanda saat melawan NICA (Nederlandsche Indische Civil Administration) dan sekutu pada  10 November 1945 dan memakan banyak korban jiwa.

Selasa, 10 November 2020, Indonesia akan memperingati Hari Pahlawan Nasional yang ke-75. Mungkin tahun ini kita akan memperingati Hari Pahlawan dengan sedikit berbeda karena sedang pandemi. Tetapi meski begitu, kita harus tetap memperingatinya dengan semangat juang yang membara. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional.

Mengenang Pahlawan dengan mengetahui Sejarahnya

Ingat istilah ini, "Jasmerah, Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah". Kita perlu mengetahui sejarah agar bisa menghargai perjuangan berdarah yang telah dilakukan oleh para pahlawan. Agar kita setidaknya bisa bersikap lebih tangguh dan terus berjuang untuk Indonesia. Salah satu cara untuk mengetahui sejarah para pahlawan adalah dengan membaca biografinya.

Belajar dengan tekun 

Berjuang di era modern ini tidak selalu harus mengangkat senjata. Sebagai generasi penerus bangsa, belajar adalah sebuah perjuangan yang harus dilakukan oleh kawula muda. Mengangkat pena adalah bentuk perjuangan yang bisa dilakukan saat ini. Melawan virus Corona yang sedang melanda Indonesia juga termasuk bentuk sebuah perjuangan lho.

Menonton Film Pahlawan

Selain membaca, kalian juga bisa menonton film untuk mengetahui sejarah para pahlawan. Apalagi film kan berbentuk audio visual, jadi kalian semakin bisa meresapi bagaimana perjuangan pahlawan demi kemerdekaan Indonesia ini. Jenderal Sudirman, Soekarno, Battle of Surabaya dan film pahlawan lainnya bisa kamu tonton untuk memperingati hari bersejarah ini.

Berkunjung ke Museum

Jika membaca biografi dan menonton film pahlawan masih belum cukup, kalian bisa mengunjungi museum untuk melihat sejarah perjuangan para pahlawan. Tetapi dengan syarat harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Beberapa museum yang bisa dikunjungi misalnya Museum Tugu Pahlawan, Museum Satria Mandala, Museum Benteng Vredeburg, dan museum lainnya.

Berziarah ke Makam Pahlawan

Sama seperti berkunjung ke Museum, jika kalian hendak melakukan hal yang satu ini kalian harus tetap menerapkan protokol kesehatan ya. Karena mencegah penyebaran COVID-19 juga termasuk bentuk perjuangan. Berziarah dilakukan untuk mendoakan dan mengenang kembali jasa para pahlawan.

Itu dia beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional, apapun yang hendak kalian lakukan untuk memperingatinya ingat terus untuk selalu menjaga kesehatan. Saatnya Indonesia merdeka dari COVID-19.