MILZERU – Gengs, tahu gak sih, ternyata tanggal 11 November diperingati sebagai Hari Jomblo Sedunia atau Single Day. Single Day berasal dari respon orang-orang lajang di China yang seolah menjadi antitesis bagi Hari Valentine.

Diceritakan bahwa tanggal ini dipilih oleh  mahasiswa jomblo dari Universitas Nanjing China. Menurut mereka tanggal 11.11 merupakan tanggal yang harus dirayakan bersama, angka 1 dalam tanggal cantik tersebut mampu merepresentasikan secara ideal status lajang. Mereka merayakan tanggal ini dengan cara makan enak sampai kenyang, bersenang-senang, dan berbelanja barang yang diinginkan hingga puas.

Awalnya, Single Day dan promo 11.11 ini masih biasa saja sampai sekitar tahun 2000-an. Perayaan ini masih sebatas tradisi di China. Puncaknya adalah setelah Alibaba membuat parade belanja online penuh dengan diskon selama 11.11 atau Double 11 untuk merayakan yang tidak terikat (jomblo) pada tahun 2009.

Sejak saat itu, Single Day menjadi hari belanja online paling menguntungkan di dunia. Potongan harga di hari itu mampu menggoda mata dan membuat konsumen ingin menghabiskan uangnya untuk berbelanja. Pada tahun 2017 bahkan penjualannya mencapai $25 miliar. 

Perayaan tersebut akhirnya tidak hanya dirayakan oleh mereka yang lajang saja. Siapapun dapat menikmati keindahan perayaan tersebut, apalagi orang yang gemar berbelanja sudah pasti ini hari paling menyenangkan untuk mereka.

Dilansir dari BBC, Single Day pada 11 November merupakan hari belanja online 24 jam terbesar di dunia. Produk yang dipesan dan dikirim pada tahun lalu sebesar 1,9 miliar produk. 

Tahun ini, di tengah pandemi diperkirakan akan memecahkan rekor baru. Beberapa barang seperti pembersih robot, penyedot debu, dan kotak peralatan diperkirakan akan populer. 

Merek-merek mewah juga diperkirakan akan laku keras. Jutaan orang China yang tidak bisa bepergian ke luar negeri akan melampiaskannya pada belanja online atau bisa dikatakan pembelanjaan balas dendam. 

Wah sepertinya bukan hanya orang China aja sih, orang-orang di negara lain pun mungkin saja akan melakukannya. Kalau kalian Gengs, terutama yang jomblo nih, akan merayakan Single Day dengan belanja sepuasnya juga tidak? Yah apapun itu, asal jangan meratapi nasib jomblo saja ya, bersenang-senang dulu lah seharian ini hihi.