MILZERU – Ada banyak hal yang seringkali membuat kita minder dan gak percaya diri, padahal rasa percaya diri adalah salah satu hal penting yang harus kita miliki agar kita tetap enjoy menjalani hidup ini. Berikut ini hal-hal yang enggak seharusnya membuat kamu malu.

Fisik

Ada banyak sekali manusia yang enggak percaya diri dengan penampilan fisiknya. Kurang tinggi lah, kurang putih lah, gendutan lah, gak fashionable dan masih banyak lagi. Padahal mau penampilanmu semenarik apapun tapi kalau kamu punya sifat yang buruk dan tidak menyenangkan yang bisa merugikan orang lain, hal itulah yang seharusnya membuatmu malu.

Memang banyak yang bilang penampilan itu penting, tapi sikap yang baik dan santun jauh lebih penting. Orang akan lebih nyaman bersamamu di saat kamu memiliki sikap yang baik dan menyenangkan.

Finansial

Hei, Gengs, kalian pernah dengar bahwa hidup itu berputar? Seseorang yang finansialnya di atas pun bisa jadi di masa depan akan terpuruk. Lagi pula, kalau kamu mau berusaha keadaan finansialmu bisa membaik kok. Kamu gak perlu malu. Kamu hanya harus menjalani hidup ini sebaik mungkin. Seadanya kamu.

Profesi

Kadang-kadang orang malu dengan profesi yang dilakoninya. Padahal kalau profesi tersebut halal dan bisa mencukupi hidupmu kamu gak perlu malu. Setiap profesi itu penting. Kamu dan siapapun tidak boleh meremehkan profesi orang lain.

Status

Hei, status enggak menjamin kebahagiaan kamu. Seorang yang memiliki pasangan belum tentu bahagia kok, lagi pula di luaran sana ada banyak jomblo yang bahagia. Kamu gak perlu malu hanya karena teman-temanmu memiliki pasangan. Daripada kamu memaksakan diri hingga akhirnya menjalani hubungan yang buruk, lebih baik sendiri bukan? 

Gengs, bahagia itu dari diri sendiri, kamu tidak boleh menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain.

Keluarga

Kadang-kadang kita malu atas apa yang terjadi pada keluarga kita. Hal-hal yang tidak berjalan baik, misalnya perceraian atau perilaku buruk anggota keluarga enggak perlu membuatmu malu. Kalau ada anggota keluargamu yang berbuat salah, kamu bisa membantunya agar dapat berubah. Kamu juga tidak perlu mau dengan keadaan finansial atau profesi keluargamu.

Gengs, kalian gak perlu malu dengan hal-hal di atas. Jika kamu memiliki kekurangan, kamu hanya perlu memperbaikinya. Kamu juga harus bangga dengan kelebihan-kelebihan yang kamu miliki. Fokus saja pada sesuatu yang bisa membuatmu bahagia dan percaya diri.