MILZERU – Pernikahan menjadi sesuatu yang sangat diimpikan bagi sebagian besar orang, apalagi bagi mereka yang telah menginjak usia matang untuk menjalin hubungan serius. Di era modern ini ada banyak sekali gaya pernikahan mulai dari Barat hingga Asia yang digunakan oleh orang Indonesia.

Meski begitu, tidak sedikit yang masih tertarik dan menggunakan adat daerah untuk gaya pernikahannya. Apalagi Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi, termasuk adat istiadat untuk acara pernikahan. Berikut ini beberapa pernikahan adat yang masih banyak menjadi pilihan masyarakat untuk acara pernikahan.

Adat Jawa

Pernikahan adat di indonesia

Masih banyak masyarakat Jawa yang masih menggunakan tradisi upacara pernikahan adat Jawa. Pemilihan tanggal baik, pasang tarub (tenda), dan sungkeman setelah ijab kabul masih menjadi tradisi kental yang masih dilakoni oleh masyarakat Jawa. Tradisi yang kental dengan suasana Jawa ini terkenal dan sakral lho.

Adat Sunda

Penikahan di indonesia

Dalam pernikahan adat Sunda, terdapat serangkaian upacara seperti tradisi siraman dan pelepasan burung merpati sebagai simbol melepasnya masa lajang. Seperti pernikahan adat lain, pernikahan adat Sunda ini juga sakral lho, meskipun seringkali dikemas dengan humor.

Adat Palembang

Sebelum melangsungkan pernikahan, dalam adat Palembang biasanya akan dilakukan dahulu Madik yang berarti tahap pendekatan. Pada tahap ini pihak keluarga laki-laki biasanya akan mengutus seseorang untuk menyelidiki bibit, bebet, bobot sang gadis. Dan juga untuk mengetahui apakah sang gadis sudah memiliki tunangan atau belum. Tetapi di zaman sekarang, proses ini sudah jarang dilakukan karena biasanya seseorang akan melakukan pendekatan sendiri. 

Penikahan di Indonesia

Dalam pernikahan adat Palembang, akad dilakukan di rumah mempelai pria, karena jika dilakukan di kediaman mempelai wanita seperti yang biasa dilakukan sekarang ini, itu disebut kawin numpang.

Adat Minang

Pernikahan adat Minang cukup unik karena adat Minang menganut sistem kekerabatan matrilineal yaitu garis keturunannya berdasarkan jalur perempuan. Dalam adat Minang terdapat istilah "membeli" laki-laki atau dikenal dengan istilah "Bajapuik".

Pernikahan adat indonesia

Rangkaian prosesi pernikahan adat Minang diantaranya, marasek, maminang, mahanta siri, babako-babaki, malam bainai, manjapuik marapuai, mamulangkan tando, mengadu kening, mangaruak, bamain coki.

Adat Toraja

Dalam pernikahan adat Toraja, restu orang tua adalah yang paling utama. Karena jika salah satu pihak keluarga tidak merestui, maka mereka bisa diusir dari keluarga mereka.

Pernikahan adat juga memiliki keunikan lain dibandingkan dengan pernikahan adat lainya. Selain disahkan secara agama, kedua mempelai juga harus disahkan secara adat oleh pemangku adat dengan menggunakan adat Aluk Tadolo atau disebut Aluk Rampanan Kapa'.

Adat Bugis-Makassar

Pada pernikahan adat Bugis-Makassar ini terdapat tradisi uang panai yaitu uang yang diberikan oleh mempelai laki-laki kepada mempelai wanita, uang panai ini juga disebut sebagai mahar. Semakin tinggi status sosial wanita maka semakin tinggi juga uang panainya.

Pernikahan adat indonesia

Pernikahan adat Bugis ini juga berarti menyatukan dua keluarga besar. Oleh karena itu urusan pasangan menjadi urusan keluarga besar juga. 

Adat Batak

Pernikahan adat Indonesia

Pernikahan adat Batak merupakan salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia lho. Pernikahan adat Batak juga memiliki serangkaian upacara adat yang cukup panjang. Namun sekarang ini rangkaian upacara adat tersebut ada yang diringkas. Tetapi, serangkaian upacara yang panjang ini menjadi alasan pasangan langgeng dan enggan menikah lagi.

Itu dia beberapa pernikahan adat di Indonesia, gimana Gengs, kamu sudah punya rencana akan menggunakan adat mana untuk pernikahanmu?