MILZERU – Negara Indonesia yang memiliki potensi wisata yang sangat besar, cukup sering kedatangan wisatawan dari manca negara. Mungkin kita sering bertanya-tanya bagaimana pandangan para wisatawan mancanegara terhadap masyarakat Indonesia. Ternyata Indonesia di mata dunia dipandang sebagai negara yang ramah lho. Tapi apa sih alasannya, mengapa Indonesia dianggap negara yang ramah oleh dunia? Berikut ulasannya.

Murah Senyum

Murah senyum

Gak semua negara memiliki kebiasaan yang satu ini lho. Orang Indonesia mudah sekali tersenyum baik kepada orang yang dikenal atau orang asing sekalipun. Dimanapun dan kapanpun mereka akan dengan senang hati melemparkan senyuman kepada siapa saja. Inilah mengapa orang luar negeri menganggap orang Indonesia ramah dan friendly.

Bersikap Santun

bersikap santun

Sejak kecil orang Indonesia sudah diajarkan untuk selalu bersikap santun kepada siapapun, apalagi terhadap orang yang usianya lebih tua. Di negara yang memiliki suku dan budaya yang beragam ini, sikap santun dan saling menghargai menjadi sangat penting. Itulah mengapa terhadap orang asing pun orang Indonesia selalu santun, tidak membeda-bedakan, kita sudah terbiasa melihat perbedaan.

Orang Indonesia Suka Berinteraksi Dengan Orang Lain

Kalian pernah tidak, misalnya dalam sebuah perjalanan, entah naik bus atau naik kereta, kalian bisa mengobrol dengan penumpang lain yang kalian tidak kenal, dan percakapan tersebut berlangsung cukup lama. Itulah orang Indonesia, mereka suka mengobrol dan bercerita. Apalagi terhadap orang asing, mereka akan dengan senang hati menjelaskan tentang Indonesia. Bahkan ketika orang asing tidak bertanya sekalipun, orang Indonesia tidak sungkan untuk menegurnya terlebih dahulu.

Suka Menolong 

saling menolong

Kita sudah diajarkan untuk saling menolong sesama, karena selain sebagai makhluk individu, manusia juga makhluk sosial. Ini salah satu keramahan yang kita miliki, misalnya jika ada orang asing bertanya arah jalan, kita akan dengan senang hati menunjukkan arahnya. Di luar negeri hal ini cukup sulit untuk dijumpai lho.

Bergotong Royong

Ada cukup banyak negara yang warganya sangat individualis. Saat orang asing datang ke Indonesia, apalagi ke pedesaan atau pedalaman, mungkin mereka akan melihat orang Indonesia yang melakukan kerja bakti, atau sedang menyiapkan upacara adat dan beberapa tradisi setempat. Orang Indonesia akan bergotong royong untuk terlaksananya acara tersebut. Bahkan untuk acara pernikahan sekalipun masyarakat Indonesia juga akan saling membantu lho. 

Bagi orang yang negaranya menjunjung tinggi individualistis, pemandangan seperti pasti sangat asing. Oleh karena itu, wisatawan luar negeri banyak menganggap bahwa Indonesia merupakan negara yang ramah.